Hangatnya Wedang Ronde Semarang

Semarang Kota : Sekoteng, mendengar nama itu tentu kita langsung menebak bahwa sekoteng adalah nama untuk wedang jahe. Untuk yang tinggal di komplek perumahan di Jabodetabek tentu tidak asing dengan minuman hangat dari jahe itu. Penjajanya biasa memakai pikulan walaupun kadang ada juga yang memakai gerobak dorong.

Sekoteng, mendengar nama itu tentu kita langsung menebak bahwa sekoteng adalah nama untuk wedang jahe. Untuk yang tinggal di komplek perumahan di Jabodetabek tentu tidak asing dengan minuman hangat dari jahe itu. Penjajanya biasa memakai pikulan walaupun kadang ada juga yang memakai gerobak dorong.

Di Jogja, Solo, Boyolali dan beberapa  di Jawa Tengah, minuman dari jahe itu disebut wedang ronde. Wedang ronde adalah minuman penghangat badan kala kita merasa lelah dan menggigil. Minuman wedang ronde dapat dijadikan alternatif hidangan minuman di musim dingin atau disaat menghabiskan malam karena ada kegiatan lembur.

Artikel Rekomendasi :   Kuliner Bernama Unik Dengan Kelezatan Khas Pemalang

Wedang Ronde (atau sering disingkat hanya “ronde”) merupakan minuman tradisional asli dari Jawa selain jamu dan dawet. “Wedang” dalam Bahasa Jawa berarti “minuman”. Sedangkan Ronde adalah adonan khusu yang terdiri dari campuran tepung beras dan gula merah berbentuk bulatan-bulatan dan dibagian dalamnya berisi kacang yang dihancurkan. Untuk membentuk Wedang Ronde, adonan ronde ini dicelupkan ke dalam air jahe yang masih panas.

 

Dua komponen tersebut (air jahe dan ronde) adalah bahan utama pembentuk Wedang Ronde. Meskipun demikian Anda dapat menambahkan bahan lain untuk menambah aroma dan penampilan seperti kolang kaling, irisan roti berbentuk dadu, atau kacang tanah. Air jahe dibuat dengan cara merebus jahe yang dihancurkan, gula merah (atau gula kelapa) dan daun sereh hingga mendidih Setelah itu, adonan Ronde dicelupkan dalam air jahe tersebut hingga mengapung.

Artikel Rekomendasi :   Jenang Kudus "Mubarok" di Pusat Oleh-Oleh Sinar 33
wedang ronde

warung wedang ronde

Wedang Ronde biasanya disajikan dalam mangkuk kecil berukuran kurang lebih 250-500 ml. Wedang Ronde sangat cocok di konsumsi saat cuaca dingin atau musim penghujan. Dengan mengkonsumsi Wedang Ronde, sekujur badan, terutama tenggorokan, dada dan perut terasa sangat hangat. Selain itu, wedang ronde juga sangat bagus untuk kesehatan dan meningkatkan stamina.

Wedang Ronde sangat mudah di temui di kota Semarang. Anda dapat dengan mudah menemukan minuman tradisional ini yang sangat terkenal yaitu Wedang Mataram Pak Kirman, Jl. Ligu Utara 488, Semarang, dengan harga berkisar Rp.5000 – Rp. 8000,-. Dengan menu bermacam – macam wedang yaitu wedang kacang hijau, wedang kacang tanah, dan wedang ronde. Kita dapat menikmati Wedang Ronde Pak Kirman pada tengah malam

Artikel Rekomendasi :   Pilih Meeting Package Tradisional Anda

Jika Anda ke Semarang, selain wisata gedung tua, dan tempat-tempat bersejarah seperti klenteng sam po kong, vihara tanah putih, gereja blendug, lawang sewu dll, jangan ketinggalan kunjungi wisata kuliner dan nikmati kehangatannya.

 

Sumber : beritadaerah.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.