Keindahan Waduk Panohan di Timur Jawa Tengah

Kab. Rembang : Kabupaten Rembang memiliki tempat wisata buatan yang menarik. Waduk Panohan, merupakan sebuah waduk buatan yang dibangun di atas tanah desa Panohan, kecamatan Gunem, kabupaten Rembang. Waduk ini awalnya dibuat untuk kepentingan pengairan pertanian dan kebutuhan air bersih bagi penduduk sekitar. Waduk Panohan memiliki bentuk yang unik dengan struktur penataan area yang bagus. Waduk ini sekarang juga difungsikan sebagai area wisata alam. Keindahan waduk ini diiringi oleh rentetan bukit dan gunung yang mengapit waduk tersebut. Udara yang sejuka dan alami dengan pepohonan yang asri dan ladang warga yang menghiasi setiap lereng bukit.

Waduk Panohan memiliki potensi wisata yang lumayan prospek. Keadaan alam dari kebereadaan waduk ini menunjang sekali. Pepohonan dan pegunungan menghiasi tepian waduk dengan hijaunya. Air di waduk Panohan memiliki curah yang cukup tinggi dengan hulu di sungai Grubugan. Pada musim kemarau, keadaan waduk ini memang tidak seindah pada saat curah hujan lumayan tinggi. Air yang tertampung di waduk ini pada musim kemarau berkurang sampai 3 persen. Ini terlihat dari bekas terjangan air yang menerpa tebing pembatas waduk yang dibangun oleh Pemerintah Daerah Rembang ini.

Artikel Rekomendasi :   Pemandian Air Panas Hangatkan Suasana di Pegunungan Ungaran

Akses jalan untuk menuju ke Waduk Panohan juga tergolong memadahi, tetapi masih terdapat beberapa titik jalan yang kurang mendukung. Keadaan perjalanan yang nyaman, karena berada di daerah pegunungan dan perbukitan. Untuk menuju ke waduk Panohan dapat ditempuh dari daerah Sumber atau dari Rembang kota. Kedua akses jalan untuk menuju ke Waduk tegolong cukup bagus.

  

Biaya masuk ke waduk / tiket masih sangat terjangkau oleh kalangan masyarakat umumnya. Harga tiket masuk yaitu  sekitar Rp2000 per orang. Dengan harga tiket yang sangat murah tersebut, kita dapat menikmati pemandangan yang indah dan suasana yang segar.

Tebing dari waduk Panohan dibuat berundak dengan arsitektur seperti piramida. Tebing yang terdiri dari perbukitan dibuat berundak dan pengunjung dapat naik ke setiap undakan dengan mudah karena adanya bantuan untuk naik. Di atas undakan tebing itu pengunjung dapat menikmati pemandangan waduk dari atas dengan seksama, dan dilingkupi oleh tebing-tebing yang lain. Selain itu, terdapat pula anjungan berpagar dengan urugan tanah yang agak menjorok ke dalam, yang biasa digunakan pengunjung untuk melihan dinding utama waduk yang menghadap ke sungai pengairan.

Artikel Rekomendasi :   Keindahan Air Terjun Curug Lawe di Belantara Pegunungan Ungaran

Pengembangan terus diperlukan untuk memajukan potensi wisata waduk Panohan. Beberapa fasilitas terus ditambah untuk memanjakan pengunjung dalam menghabiskan liburan dan berwisata ke tempat ini. Waduk Panohan menjadi pilihan warga sekita untuk menikmati suasana pagi dan sore hari di pinggir waduk yang luas ini.

 

Sumber : pustaka.pu.go.id

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.