Produksi Terasi Jembret Khas Pati

Kab. Pati : Terasi, siapa yang tidak tahu bumbu masak yang satu ini. Pasti semua orang sudah tahu karena aromanya yang khas. Terasi telah ada sejak jaman dahulu dan dipergunakan untuk bumbu penyedap masakan, termasuk di kabupaten Pati. Kabupaten Pati ternyata memiliki kualitas terasi jembret yang bagus. Terasi Jembret dari Pati terbuat dari olahan udang rebon murni tanpa campuran apapun. Sehingga untuk kualitas terasi yang dihasil tidak diragukan lagi. Belanjan Terasi Jembret Online klik disini.

Produksi terasi di kabupaten Pati tidak dapat dilakukan sepanjang tahun, karena keterbatasan bahan baku udang rebon halus yang datangnya musiman. Udang rebon yang digunakan untuk membuat terasi jembret ini dipilih dari udang rebon yang halus sekali supaya rasa dan tekstur terasi yang dihasilkan lembut dan pas untuk bumbu masakan. Belanjan Terasi Jembret Online klik disini.

Proses pembuatan terasi jembret juga dilakukan secara manual oleh masyarakat yang berada di sepanjang pantai pesisir kabupaten Pati. Rebon yang selesai ditangkap dari laut atau tambak dibersihkan terlebih dahulu dari sampah-sampah kecil yang ikut terbawa saat pengambilan. Cara pembersihannya dengan dibilas, atau dengan bahasa orang Pati dinakamakan “digombang” berkali-kali dengan ketelitian dan kehati-hatian yang tinggi. Butuh kesabaran untuk membersihkan udang rebon ini karena dilihat dari ukuran juga sangat kecil dan mudah terbawa air saat air cucian dibuang. Belanjan Terasi Jembret Online klik disini.

Artikel Rekomendasi :   Hasil Perikanan Laut dan Tambak Kabupaten Demak yang Melimpah

Setelah selesai dibersihkan sampai benar-benar bersih, proses selanjutnya adalah penjemuran. Udang rebon yang sudah dibersihkan segera untuk dijemur, supaya tidak menimbulkan bau tidak sedap nantinya. Penjemuran ini dilakukan dengan membuat lempengan-lempengan tipis dari udang rebosn tersebut, sehingga muda kering. Proses penjemuran pertama memakan waktu sehari. Rebon yang dijemur pagi hari, setelah sore hari hasil penjemuran udang rebon tersebut akan dilakukan tahap selanjutnya, yaitu ditumbuk, atau dalam bahasa orang Pati dinamakan “dideplok” dengan alat yang bernama “Lumpang” dan “Alu”. Belanjan Terasi Jembret Online klik disini.

Proses penjemuran dilakukan lagi untuk yang kedua kali dari bahan baku yang sudah ditumbuk tadi. Setelah di jemur seharian dilanjutkan dengan ditumbuk lagi. Proses tersebut dilakukan sampai penjemuran ke-4 dan penumbukan ke-4. Setelah penumbukan ke-4, terasi jembret sudah benar-benar jadi dan beraroma gurih khas terasi.

Artikel Rekomendasi :   Musim Kerang Laut "Bukur" di Kabupaten Pati

Sebagian masyarakat kabupaten Pati yang berdomisili di sepanjang  pantai kabupaten Pati memiliki kemampuan untuk membuat terasi jembret dari udang rebon ini. Setiap kali musim udang rebon datang, masyarakat berbondong-bondong mencari dan mengumpulkan jenis udang yang sangat kecil dan lembut ini untuk bahan membuat terasi.

Harga terasi pada umumnya memang sangat menggiurkan. Harga standar jika jumlah terasi banyak berkisar antara Rp70.000 s.d Rp85.000. Akan tetapi jika jumlah terasi menurun dan jarang, harga dapat mencapai ratusan ribu rupiah per kilogram-nya. Belanjan Terasi Jembret Online klik disini.

Pemasaran terasi jembret dari kabupaten Pati ini tidak hanya di pasar lokal kabupaten Pati saja, tetapi sudah samapi ke daerah lain di sekitar kabupaten Pati. Terkadang juga beberapa orang dari luar daerah sengaja datang untuk melihat dan membeli terasi jembret tersebut untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Artikel Rekomendasi :   Budidaya dan Produk Olahan Bandeng Pati

Produksi terasi jembret bisa menjadi sebuah peluang potensi hasil daerah yang bagus untuk dikembangkan. Kendala utama saat ini berada pada bahan baku yang datangnya musiman.

Untuk membeli produk terasi jembret ini secara online, silahkan akses alamat website Area Toko Potensi Jateng. Atau klik link berikut : Masuk ke Area Toko Potensi Jateng

Tersedia dalam berbagai ukuran kemasan dan harga yang variatif, serta penawaran khusus.

Misterje, Juni 2012

{jcomments on}

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.