Temukan Aktivitas Jawa Bernilai Tinggi Di Balemong Resort

balemong resortKab. Semarang: Jawa memang terkenal dengan variasi kehidupan sehari-harinya. Variasi inilah yang sejak dulu dinamakan dengan istilah kultur. Setiap daerah di Jawa memiliki bentuk kultur yang berbeda-beda, tetapi dari perbedaan itu ada nilai keberagaman yang kaya dan patut untuk dipertahankan dan dikembangkan. Keberagaman tersebut dapat terlihat dari cara meraka melakukan aktivitas sehari-hari dalam bekerja maupun ketika anak-anak sedang bermain. Dalam bekerja, seperti bekerja di sawah, orang Jawa memiliki nilai-nilai mendidik yang dapat diambil oleh siapa saja yang melihatnya. Oleh karena itu, Balemong Resort memilih beberapa aktivitas dan permainan dari tradisional Jawa yang dapat memberikan ilmu yang mendidik bagi siapa saja yang melakukannya, untuk dapat lebih menghargai proses dan hasil dari suatu aktivitas atau pekerjaan.

Fasilitas yang unik dan menarik untuk dilakukan di Balemong Resort adalah Paket Aktivitas (Activities Package) yang terdiri dari beberapa aktivitas tradisional. Pada fasilitas ini, pengunjung dapat merasakan aktivitas seperti membatik, membajak sawah, menanam padi, menumbuk padi, bermain “gangsingan”, dan bermain “egrang”. Semua aktivitas tersebut dapat dilakukan oleh pengunjung secara langsung dengan bimbingan dari petugas dari Balemong Resort. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengunjung untuk dapat menikmati fasilitas ini dan sebelumnya harus melakukan pemesanan dan negosiasi terlebih dahulu dengan pihak Balemong Resort. Ada peraturan batas minimal peserta yang harus mengikuti masing-masing aktivitas, biasanya 30 orang dalam satu session kegiatan.

Artikel Rekomendasi :   Bukit Lerep Indah, Kolam Renang Segar Di Ungaran
balemong resort

Salah satu tempat aktivitas tradisional berlangsung

Membatik adalah salah satu aktivitas yang dapat dilakukan di Balemong Resort. Pengunjung dapat belajar membatik, cirri khas batik Jawa Tengah dengan bantuan instruktur yang berpengalaman. Membatik ini biasanya sangat digemari oleh wisatawan asing yang penasaran dengan proses pembuatan batik Jawa yang terkenal sampai ke mancanegara itu. Selain melakukan aktivitas membatik, pengunjung juga dapat menyaksikan proses pewarnaan dan pengeringan sampai kain batik terebut jadi dan siap untuk dilah menjadi busana tertentu.

Berikutnya adalah aktivitas membajak sawah, yaitu mengolah lahan sawah dengan bantuan hewan seperti kerbau atau sapi. Tetapi pada umumnya adalah kerbau. Pengunjung dapat menyaksikan proses pembajakan sawah sebelum ditanami benih padi oleh petani. Selain itu pengunjung juga boleh ikut dalam proses membajak sawah dengan bantuan petani yang sedang melakukan bajak sawah tersebut.

Setelah sawah dibajak, akan dilanjutkan aktivitas lain yaitu menanam padi. Pengunjung dapat ikut terjun menanam padi deng sudah dengan benih yang sudah disiapkan oleh pihak Balemong Resort. Penanaman padi mengikuti aturan yang diberlakukan oleh instruktur. Pengunjung akan merasakan terendam di lumpur sawah yang telah dibajak dan siap untuk ditanami padi. Menarik untuk dilakukan oleh pengunjung-pengunjung yang belum pernah melakukan proses penanaman padi.

Artikel Rekomendasi :   Kenyamanan Istirahat dengan Keindahan Rawa Pening Ambarawa

Setelah padi dipanen, ada aktivitas namanya menumbu padi. Aktivitas ini juga dilakukan di Balemong Resort. Pengunjung dapat melakukan aktivitas menumbuk padi atau hanya sekedar melihat cara menumbuk padi khas Jawa yang menggunakan “Lumpang” dan “Alu”. Lumpang dan Aluadalah alat yang dipakai untuk menumbuk padi yang sudah dipanen.

Bagi anak-anak maupun orang dewasa yang ingin merasakan permainan tadisional jawa, dapat melakukan permainan gansingan dan egrang. Gansingan adalah permainan anak-anak tradisional jawa yang menggunakan alat gasing yang terbuat dari kayu. Kayu tersebut dibentuk seperti bandul khusus dengan simetris, sehingga dapat diputar dengan kecepatan tinggi. Permainan ini biasanya dilakukan oleh anak-anak dan ada teknik tertentu untuk dapat memutar gansingan ini.

Permainan yang kedua adalah permainan egrang. Salah satu permainan jawa yang unik karena orang akan berjalan di atas dua buah bambu atau kayu yang diberikan injakan. Mereka harus menjaga keseimbangan mereka di atas bambu tersebut jika tidak ingin terjatuh. Tinggi pijakan yang dipasang di bambu kurang lebih 50 CM.

Artikel Rekomendasi :   Wisata Pantai Di Kebumen Ini Cocok Untuk Wisata

Aktivitas dan permainan tersebut dilakukan semata-mata adalah untuk memberitahukan kepada pengunjung tentang suatu proses untuk menghasilkan sesuatu barang. Agar kita semua dapat menghargai hasil dari proses-proses tersebut. Yang selama ini hanya tahu tentang hasilnya saja, seperti nasi, kain batik, dan lain-lain, setelah berkunjung dan melakukan aktivitas tersebut di Balemong Resort kita dapat merasakan bagaimana proses membuatnya dan memproduksinya. Sehingga kita lebih dapat menghargai proses dan hasil dari suatu kegiatan.

Aktivitas-aktivitas tersebut dapat dilakukan di Balemong Resort dengan paket kegiatan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Fieldtrip package “Nyawah”, biaya Rp100.000,- nett/orang dengan fasilitas: membajak sawah, menanam padi, mengejar bebek atau menangkap ikan, tempat dan peralatan.
  2. Package “Dolanan Gangsingan”, biaya Rp211.750,- nett/orang dengan fasilitas: Fun games, Snack 1 kali, tempat dan peralatan.
  3. Package “Dolanan Egrang”, biaya Rp272.250,- nett/orang dengan fasilitas: Fun games, Makan siang 1 kali, Snack 1 kali, tempat dan peralatan.
  4. Fieldtrip package “Mbatik”, biaya Rp125.000,- nett/orang dengan fasilitas: Kelas membatik, Snack 1 kali, Tempat dan Peralatan.

Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan dari Balemong Resort. Untuk informasi lebih lengkap dan terbaru, silahkan menghubungi bagian front office Balemong Resort Ungaran.

ALAMAT DAN KONTAK, KLIK DISINI >>>

 

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.