Keindahan Alam di Taman Nasional Karimun Jawa

Kab. Jepara : Karimun Jawa memiliki keindahan alam baik di darat maupun di bawah laut yang luar biasa. Tidak mengherankan jika pada tahun 1988, kawasan yang terdiri dari beberapa gugusan pulau kecil dan beberapa pulau besar ini dijadikan sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Indonesia. Kepulauan Karimun Jawa memiliki luas 1.505,4 ha daratan dan 110019,6 ha perairan dan berada di wilayah kabupaten Jepara. Jarak antara kota Jepara dengan kawasan kepulauan ini sekitar 45 mil ke arah barat.

Potensi

Kawasan Taman Nasional Karimun Jawa memiliki potensi andalan berupa pemandangan bawah laut yang mempesona dengan keanekaragaman biota lautnya. Terumbu karang dan ikan hias menghiasi keadaan bawah laut kawasan ini. Berbagai kegiatan yang berhubungan dengan laut dapat dilakukan disini, seperti diving, snorkeling, memancing, dan berlayar. Dan yang tidak kalah menariknya adalah keberadaan penangkaran ikan hiu di kawasan ini yang dapat dikunjungi oleh pengunjung dengan pemandu yang telah dipersiapkan. Pengunjung dapat berenang bersama ikan yang terkenal mengerikan ini dengan pengawasan pengelola.

Artikel Rekomendasi :   Pindang Serani Segar dan Bergizi Tinggi

Selain pemandangan bawah laut yang mengundang selera untuk memijakkan kaki di kawasan ini, pemandangan darat pun tidak kalah menariknya. Berbagai pepohonan tumbuh dengan rimbun untuk menyejukkan lokasi wisata, keberadaan pohon kelapa yang memang sudah menjadi ciri khas daerah Jepara.

Fasilitas

Berbagai fasilitas telah dipersiapkan untuk memanjakan pengunjung dalam menikmati keindahan Taman Nasional Karimun Jawa seperti peralatan snorkeling, peralatan diving, pelabuhan, hotel, homestay, bandara perintis, kapal kaca, dan lain-lain. Ketersediaan fasilitas ini dimaksutkan hanya untuk kepuasan pengunjung dalam berkeunjung ke Taman Nasional Karimun Jawa.

Akses Jalan

Taman Nasional Karimun Jawa berada di wilayah kabupaten Jepara dengan jarak dari kota Jepara 45 mil menyeberang laut ke arah barat. Untuk menuju kawasan ini, ada beberapa alternatif pilihan transportasi yang dapat dipakai oleh pengunjung.

  • Dari Semarang : yang pertama dapat ditempuh dengan jalan udara melalui bandara A. Yani dengan menggunakan pesawat carteran yang akan mendarat di bandara Dewadaru di Pulau kemujan. Jalur lain yang dapat ditempuh adalah dengan jalur laut dengan berangkat dari pelabuhan Tanjung Mas Semarang menggunakan kapal cepat Kartini pada hari Sabtu dan Senin.
  • Dari Jepara : dapat ditempuh melalui jalur laut yang berangkat dari pelabuhan Kartini Jepara dengan kapal KM. Muria yang berangkat 2 kali dalam seminggu.

Estimasi Biaya Masuk

Artikel Rekomendasi :   Sejuknya Udara Hutan Pinus di Kawasan Hutan Wisata Sreni Indah Jepara

Untuk biaya masuk, ada dua tipe biaya. Yang pertama Rp135.000,- untuk kapal Kartini dan Rp80.000,- untuk kapal Muria (turis lokal). Untuk biaya di kawasan Taman Nasional Karimun Jawa terdapat daftar sendiri.

Lainnya

Lokasi ini sering sekali menjadi tujuan wisata bagi turis mancanegara untuk menyalurkan hobi diving, snorkeling, memancing, dan lain-lain. Keadaan alam yang masih mendukung dan estimasi biaya yang tergolong murah menjadikan tempat ini tujuan utama dalam menghabiskan liburan.

 

Sumber Foto : visitjawatengah.com

Sumber Data : visitjawatengah.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.