Kategori: Pariwisata

Melihat Sunset dan Sunrise dari Pantai di Desa Dukuhseti

Kab. Pati : Desa Dukuhseti merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan Dukuhseti kabupaten Pati. Desa ini memiliki daerah yang berbatasan langsung dengan pantai Laut Jawa. Pantai yang berada di desa Dukuhseti memiliki sifat pantai teduh. Pantai yang ada di desa ini biasanya dipakai oleh warga untuk beraktifitas sebagai nelayan. Keadaan pantai di desa ini lumayan indah. Pantai yang berpasir hitam dan dihiasi dengan kulit kerang di berbagai titik. Tepian pasir yang ditutupi dengan tumbuhan pantai yang indah. Phon api-api dan bakau dapat menjadi tempat berteduh sembari memandangi laut. Tapi yang lebih mengesankan lagi adalah terlihatnya Sunrise pada waktu pagi dan Sunset pada waktu sore dari pantai tersebut. Tempat ini tidaklah menyediakan lokasi wisata bagi pengunjung. Tetapi keindahannya patut untuk dicoba.

Sunrise dapat dinikmati ketika berada di tepi pantai pada waktu pagi hari. Hal ini dikarenakan pantai yang ada di desa Dukhseti tersebut menghadap langsung ke arah timur, dimana matahari terbit. Begitu langit cerah di pagi hari, sunrise akan dapat dinikmati dengan dihiasi perahu-perahu nelayan yang hendak berangkat melaut mencari ikan.

 

 

Sunset daapt dinikmati dari pantai ini pada waktu sore hari. Hal ini dikarenakan keadaan dataran setelah pantai merupakan tambak ikan bandeng yang luas. Jadi pandangan tidak akan terhalang ketika memandangkan mata ke arah barat dimana keberadaan matahari akan menyembunyikan diri. Sunset dari pantai ini tergolong unik. Sunset terjadi di atas sebuah pegunungan yang dinamakan pegunungan Clering yang merupakan pegunungan di daerah kabupaten Jepara. Begitu matahari berada tepat di atas pegunungan tersebut, sunset yang indah akan muncul dengan diapit dua pegunungan, yaitu pegunungan Muria dan pegunungan Clering tersebut.

Artikel Terkait

Akses jalan menuju pantai ini dapat dilalui dari berbagai titik. Salah satunya lewat dukuh Slempung dengan jalan masuk perempatan Slempung Kidul RT 006 RW 003. Jalan ini akan masuk ke dukuh Slempung yang merupakan perkampungan warga. Di sini dapat memarkirkan kendaraan bermotor di area halaman rumah warga. Selanjutnya akan ditelusuri dengan berjalan kaki menapaki tepian tambak (galeng dalam sebutan warga sekitar) sampai di pantai.

Untuk masuk ke wilayah DUkuhseti, dari kota Pati berjarak kurang lebih 60 KM ke arah Tayu dan dari Tayu menuju ke desa Dukuhseti kurang lebih 12 KM. Setelah masuk ke wilayah Dukuhseti akan ada sebuah gerbang besar (blak kembar) yang bertuliskan Dukuh Slempung. Itulah pintu masuk menuju dukuh Slempung di mana perempatan Slempung Kidul berada.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Artikel Terbaru

Cemoeh, Minuman Yang Anget Dan Alami Khas Pati

Kab. Pati : Cemoeh, begitulah masyarakat Kabupaten Pati menyebut minuman khas nan alami ini. Minuman…

1 tahun ago

Curug Kidang, Keindahan Alam Yang Lama Tersembunyi Di Pemalang

Kab. Pemalang – Sebuah keindahan alam yang lama tersebunyi dari kalayak ramai. Sebuah keindahan air…

1 tahun ago

Curug Cantel Bumijawa Tegal yang Indah dan Menantang

Kab. Tegal: Untuk kalian penggemar travelling sepertinya perlu mengunjungi salah satu curug yang ada di…

1 tahun ago

Pesona Taman Balekambang Solo Kental Nuansa Edukatif

Kota Surakarta: Tempat wisata di Solo tidak terbatas pada objek wisata bernuansa budaya saja. Banyak…

1 tahun ago

7 Objek Wisata Puncak Di Purbalingga Paling Instagramable

Kab. Purbalingga: Mencari tempat wisata yang lagi hits di Purbalingga sekarang tidak sulit lagi. Ada…

1 tahun ago

Wayang Golek Cepak Tegalan, Pementasan Berpetuah

Kab. Tegal - Kabupaten Tegal tidak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak destinasi wisata dan…

2 tahun ago