Soto Kemiri, Soto Khas Kabupaten Pati Mengesankan

Kab. Pati : Kabupaten Pati memang banyak sekali potensi kuliner yang khas dan mengesankan bagi lidah penikmat kuliner. Ciri khas dengan bumbu rempah yang luar biasa membuat masakan khas Pati sulit untuk dilupakan. Selain maskot kuliner Pati, “Sego Gandul”, “Soto Kemiri” adalah salah satu masakan khas semarang yang berkecimpung dengan bumbu rempah yang khas dan menggoyang lidah.

Mendengar sebutan soto, ingatan kita pasti tak akan lupa dengan menu masakan yang berkuah bertabur bawang goreng plus taoge. Namun, nama soto kemiri diklaim hanya ada di Kabupaten Pati, karena nama kemiri merupakan sebuah desa yang menjadi cikal bakal berdirinya Kabupaten Pati. 

Artikel Rekomendasi :   Air Terjun Tretes Wujud Indah Wilayah Pati


Awalnya bernama Kadipaten Pesantenan dan sekarang pusat pemerintahan di pindahkan ke Kaborongan. Keistimewaan Soto Kemiri, dibanding soto pada umumnya yakni terletak pada bumbu yang diberikan. Untuk memberikan rasa yang khas, soto kemiri disajikan dengan daging ayam muda, sedangkan pengajiannya dilakukan dengan cara dikocok antara kuah soto dicampur dengan nasi, kemudian dikocok lalu di tambah sedikit nasi dan di beri kuah lagi hingga empat kali secara berturut-turut.

Untuk menikmati kekhasan soto khas Pati tersebut, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena cukup dengan uang Rp2.000 sudah bisa menikmati soto kemiri.


sumber : promojateng-pemprovjateng.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.