Soto Klethuk, Soto Campur Gethuk

Soto KlethukKab. Blora : Kuliner soto memang sangat bervariasi di masing-masing daerah. Setiap daerah menyuguhkan kuliner ini dengan sentuhan asli daerah masing-masing. Salah satunya adalah Soto Klethuk yang mendapat sentuhan khusus dari daerah Blora. Soto Klethuk berbeda dengan beberapa jenis soto lainnya yang berasal dari daerah lain. Soto ini mendapatkan tambahan satu jenis kuliner lain yang terbuat dari singkong atau beras ketan. Campuran ini didesain sedemikian rupa untuk memberikan bentuk dan rasa yang khas dari kaupaten Blora. Dengan proses olahan yang khusus, campuran ini yang akan meberikan rasa berbeda dengan soto pada umumnya.

Soto Klethuk pada dihadirkan dari soto bening yang dicampur dengan gethuk/gemblong yang diiris kecil-kecil dan diolah secara khusus kemudian digoreng. Rasa dari gethuk atau gemblong yang diolah sebagai campuran soto ini biasanya terasa gurih, sehingga rasa tersbut dapat membaur denga rasa kuah soto yang mayoritas gurih juga. Bahan-bahan soto yang disajikan seperti soto ayam bening dengan soun, taoge, ayam disuwir, telur, kecap, disiram dgn kuah bening serta ditaburi bawang goreng, dan kucai. Sedangkah untuk ciri khasnya adalah dengan ditaburi klethuk yang telah diolah. Jika dimakan, klethuk akan memberikan sensasi mengunyah dengan bunyi klethuk..klethuk karena campuran tersebut tergolong keras.

Artikel Rekomendasi :   Mangut Kepala Manyung Layak Dicicipi

soto klethuk blora

Di Blora sendiri, tempat menjual jenis soto khas ini sudah lumayan menyebar. Pedagang yang menjajakan soto tersebut dapat ditemui di berbagai lokasi. Salah satunya adalah warung makan milik Pak Galo. Warung ini tergolong ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun para pelancong yang datang. Warung tersebut beralamatkan di Jl. Gunung Sindoro No. 1 C (pertigaan kantor PEMDA ke arah utara), telepon 0296 533701.

Dengan harga yang relatif terjangkau, kuliner ini menjadi kuliner kesukaan masyarakat sekitar maupun pelancong yang datang. Harga setiap porsi Soto Klethuk di warung makan Pak Galo adalah Rp6.000,-. Selain menyediakan Soto Klethuk khas Blora, warung ini juga menyediakan kuliner lain.

Artikel Rekomendasi :   Menikmati Kelezatan Lontong Raksasa dari Kudus, Lontog Tanjung

Sumber : pakgalo.wordpress.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.