Sambut Keramaian Parade Seni Budaya dan Pawai Ogoh-Ogoh di Semarang

ogoh-ogoh semarangSemarang Kota : Keramaian festival perayaan suatu peristiwa atau peringatan hal tertentu menjadi daya tarik tersendiri bagi semua kalangan. Baik yang bersangkutan langsung maupun yang tidak bersangkutan dengan peristiwa atau hal yang diperingati bersama-sama menikmati berbagai pertunjukan yang disuguhkan untuk mengisi festival tersebut. Salah satu festival yang menarik dan berada di kota Semarang adalah Parade Seni Budaya dan Pawai Ogoh-Ogoh Kota Semarang. Acara ini dikembangkan oleh masyarakat sekitar sebagai warisan budaya dan kesenian yang identitas warga Semarang.

Saat ini, peringatan peristiwa yang identik dengan penyambutan hari raya Nyepi oleh umat Hindu ini dijadikan sebagai daya tarik wisatawan kota Semarang oleh Dinas Pariwisata setempat. Bergerak dengan pengembangan Visit Jawa Tengah 2013, Parade ini akan diselenggarakan pada tanggal 10 Maret 2013 sekitar pukul 14.00 WIB. Rute yang akan ditempuh oleh barisan peserta parade ini adalah Halaman Balai Kota Semarang menuju Lapangan Simpang Lima Semarang.

Parade Seni Budaya dan Pawai Ogoh-Ogoh di Semarang

Parade Seni Budaya dan Pawai Ogoh-Ogoh akan mengusung keragaman budaya yang ada di kota Semarang. Barisan peserta parade dan pawai akan diisi oleh Ogoh-Ogoh yang mengusung identitas agama Hindu dan disertakan juga berbagai simbol kebudayaan agama lain sebagai bentuk kebersamaan bermasyarakat.Parade Seni Budaya dan Pawai Ogoh-Ogoh di Semarang

Artikel Rekomendasi :   Dimanjakan Jernihnya Air Kolam Pemandian Air Alam Muncul

Festival yang merupakan bentuk swadaya dari kelompok masyarakat asal Bali yang tinggal di Semarang ini akan mengusung 4 Ogoh-Ogoh langsung dari Bali pada perayaan tanggal 10 Maret 2013 nanti. Dengan melengkapi identitas Semarang, Ogoh-Ogoh Warak Ngendok juga ikut berpartisipasi dalam parade dan pawai tersebut. Sebagai dukungan penuh terhadap terselenggaranya festival tersebut, panitia Visit Jateng 2013 juga mengikut sertakan Ogoh-Ogoh maskot Visit Jateng 2013 sebagai bentuk dukungan dan partisipasi secara nyata.

Dari terselenggaranya acara festival Parade Seni Budaya dan Pawai Ogoh-Ogoh tersebut dapat membawa dampak positif terhadapa perkembangan dunia pariwisata di Semarang dan sekitarnya. Daya tarik dari seni dan budaya yang ditampilkan dalam keberagaman akan menarik banyak pengunjung baik dari masyarakat sekitar maupun masyarakat luar, bahkan mancanegara.

Parade Seni Budaya dan Pawai Ogoh-Ogoh di SemarangSebelum ini, perayaan festival Ogoh-Ogoh tidak dilaksanakan setiap tahun. Selama ini, perayaan festival tersebut baru dilakasanan sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2008 dan tahun 2011. Dan untuk kelanjutannya, tahun ini adalah tahun ketiga festival tersebut diselenggarakan. Semoga dengan keberadaan festival ini, pariwisata Semarang mulai terangkat dalam trends positif di dunia luar.

Jadwal :

Pelaksanaan : Minggu, 10 Maret 2013

Tempat/Rute : Halaman Balai Kota Semarang menuju Lapangan Simpang Lima Semarang

Waktu : Sekitar Pukul 14.00 WIB

Sumber : www.antaranews.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.