Puncak Perayaan Spektakuler di Desa Dukuhseti

karnaval muludan dukuhsetiKab. Pati : Perayaan spektakuler yang ada di desa Dukuhseti merupakan suatu perayaan yang dilakukan rutin pada setiap tahunnya, mulai tanggal 1 Mulud sampai 12 Mulud (dalam kalender Jawa dan kalender Arab). Berbagai perayaan dalam memperingati peristiwa kelahiran Nabi Muhammad SAW dan memperingati haul Mbah Brojo Seti yang bersamaan tersebut diwujudkan dalam bentuk kegiatan yang menarik untuk disaksikan oleh masyarakat desa dan masyarakat sekitar.

Desa ini terletak di wilayah kabupaten Pati paling utara dan langsung berbatasan dengan wilayah kabupaten Jepara. Pada bulan Mulud (dalam kalender Jawa) di daerah ini memiliki sebuah tradisi yang disebut Mauludan. Mauludan ini dihiasi dengan berbagai acara yang dimaksudkan untu memeriahkan perayaan tersebut. Acara-acara tersebut menjadi ajang pertunjukan menarik bagi seluruh masyarakat desa dan masyarakat sekitar desa.

karnaval dukuhseti karnaval dukuhseti

Artikel Rekomendasi :   Musim Kerang Laut "Bukur" di Kabupaten Pati

Salah satu acara pucak perayaan ini yang menarik adalah adanya karnaval yang spektakuler pada perayaan tersebut. Karnaval tersebut biasanya diikuti oleh masing-masing dusun yang berada di desa tersebut. Karnaval bisa tergabung menjadi sangat panjang dan ramai. Berbagai kretifitas untuk menampilkan hasil yang memiliki tema menarik akan dihasilkan oleh masyarkat, serta atraksi-atraksi yang menarik untuk dilihat.

karnavl dukuhseti

karnaval dukuhseti

Karnaval tersebut biasanya dipersiapkan beberapa hari sebelum hari berlangsungnya karnaval. Pembuatan atribut yang menarik dan unik dipersiapkan dengan baik. Latihan untuk menampilkan atraksi dan keserasian gerak pada saat karnaval pun dipersiapkan dan dilakukan.

karnaval dukuhseti

Karnaval ini biasanya dilakukan menyusuri jalan besar desa dengan titik awal pemberangkatan dari perbatasan desa menuju perbatasan desa lainnya yang berada di sebereang. Jalan yang dilalui oleh karnaval ini akan dipadati oleh penonton yang antusias dalam melihat prosesi karnaval tahunan tersebut. Pelaksanaannya dari jam 1 siang sampai selesai.

Artikel Rekomendasi :   Batik Bola, Pengembangan Motif Batik Jawa Tengah untuk Para Penggemar Sepak Bola

karnaval dukuhseti

hari dan tanggal pelaksanaan biasanya ditetapkan pada waktu libur akhir pekan, seperti har Sabu ataupun hari Minggu setiap tahunnya setelah tanggal 12 Mulud. Seperti pada tahun ini akan dilakukan pada hari Sabtu, 26 Januari 2013. Pada hari itu saat siang hari, jalanan besar desa akan ditutup karena dipadati oleh warga yang hendak menonton acara karnaval yang meriah terwsebut.

Bagi pengunjung yang ingin melihat harus masuk dan menerobos jalan-jalan kampung yang tidak ditutup dan tentu saja akan dipenuhi oleh para pengunjung. Maulun menjadi waktu yang menarik untuk melihat perayaan karnaval besar-besaran tersebut bagi masyarakat desa Dukuhseti. Dan acara ini akan terus dilakukan rutin untuk setiap tahunnya, seperti tahun ini dan tahun yang lalu, begitupun untuk tahun depan. Insyaallah.

Artikel Rekomendasi :   Bangkitkan Kesenian Tayub Lewat Lomba Tayub Se-Jawa Tengah di Grobogan

Lebih banyak foto tentang acara ini : KLIK DISINI

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.