Puncak Ketep, Mata untuk Melihat Keindahan Pegunungan Berapi di Jawa Tengah

Kab. Magelang : Kabupaten Magelang memang menyimpan banyak sekali pemandangan dan tempat kejutan yang dapat dinikmati penggemar wisata pegunungan. Potensi yang dimiliki oleh kabupaten Magelang dalam hal wisata memang tidak diragukan lagi.

Lokasi geografis yang memang disusun dari rentetan dataran tinggi membuat Magelang memiliki keindahan dataran tinggi yang luar biasa. Salah satnya adalah puncak Ketep, yang dapat menjadi mata untuk melihat beberapa gunung berapi yang ada di Jawa Tengah.

Puncak Ketep adalah salah satu nama sebuah objek wisata di daerah Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Puncak Ketep merupakan tipe tempat wisata pegunungan yang sejuk dan indah. Wisata puncak Ketep tergolong dalam wisata alam kegunungapian, yaitu gunung Merapi. Tempat ini resmi dijadikan lokasi wisata pada tanggal 17 Oktober 2002.

Lokasi Ketep Pass

Lokasi Ketep Pass berada di puncak Bukit Sawangan (pertengahan antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu). Ketep Pass berada pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut dan luas areanya kurang lebih 8000 meter persegi.

Artikel Rekomendasi :   Pesona Alam dan Budaya Candi Gedong Songo

Ketep pass ini berjarak 21 km dari Mungkid, 17 km dari Desa Blabak ke arah timur, 30 km dari Kota Magelang, 35 km dari Kota Boyolali, dan 30 km dari Candi Borobudur.

Dari Kota Salatiga yang berjarak sekitar 32 km, Ketep Pass dapat dicapai melalui Kopeng dan Desa Kaponan.

Lokasi obyek wisata Ketep Pass ini mudah dijangkau baik dengan bus besar, minibus, sedan atau sejenisnya maupun sepeda motor karena medan jalannya yang tidak terlalu susah untuk dilewati.

Alamat : BADAN PENGELOLA OBYEK WISATA KETEP PASS. Jl. Blabak Boyolali Km 16 Ketep Sawangan Magelang Jawa Tengah Indonesia, Magelang.Telepon : 0293 – 5527930.

Artikel Rekomendasi :   Sejuknya Udara Hutan Pinus di Kawasan Hutan Wisata Sreni Indah Jepara

Fasilitas Di Ketep Pass

Fasilitas yang disediakan di Ketep Pass ini cukup lengkap dan menarik. Fasilitas tersebut antara lain Museum Vulkanologi, Bioskop mini, Teropong, Pelataran Panca Arga, Gardu pandang, Restoran, dan Mushola.

Ketep Pass atau Bukit Ketep merupakan sebuah bukit yang terletak di Desa Ketep, Magelang dan berada pada ketinggian sekitar 1.200 Meter di atas permukaan laut.

Ketep pass memiliki luas area sekitar 8.000 m2 dan berjarak sekitar 30 km dari Kota Magelang atau 35 Km dari Kota Boyolali (di jalur Solo–Selo–Borobudur).

Nilai plus dari tempat ini ialah wisatawan yang berkunjung dapat menikmati panorama pemandangan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Tidar, Andong dan Pegunungan Menoreh serta hamparan lahan pertanian dari kejauhan, sangat indah.

Artikel Rekomendasi :   Mencari Bibit Buah Unggul, Datang Saja Kesini!

Harga Tiket Masuk Ketep Pass

Harga tiket masuk yang berlaku sampai saat ini adalah sebagai berikut:
Dewasa : Rp7.000-/orang
Bus : Rp5.000,-/unit
Ketep Volcano Theatre : Rp7.500,-/orang

Sumber: id.wikipedia.org, indotravelers.com, jatengpromo.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.