Potensi Curug Silangit Dengan Segala Keindahan Alamnya

Kab. Purworejo : Keindahan alam Jawa Tengah yang tiada habisnya mempesona para pelancong dan penikmat keindahan alam. Ada lagi sebuah tempat destinasi wisata di Jawa Tengah yang murah meriah, tetapi pemandangannya luar biasa. Wisata alam ini berada di kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Nama tempat tersebut adalah Curug Silangit yang diteruskan dengan Curug Siklotok. Mengapa saya sebutkan Curug Silangit diteruskan Curug Siklotok? Dalam ulasan ini Anda akan menemukan jawabannya.

Curug Silangit adalah sebuah tempat wisata air terjun yang ada di kabupaten Purworejo. Curug yang masih alami ini menambah daftar banyaknya wisata air terjun yang ada di Jawa Tengah dan tersebar di seluruh wilayah teritorial kabupaten. Seperti karakter curug-curug lain yang pernah diulas, Curug Silangit juga memiliki keistimewaan. Salah satu keistimewaannya adalah memiliki 3 (tiga) turunan yang berbeda ketinggian dan pada turunan yang terakhir memiliki nama yang berbeda tetapi dalam satu rentetan. Turunan ketiga inilah yang tadi saya bilang “diteruskan”. Maksudnya adalah aliran air dari Curug Silangit diteruskan ke aliran air di Curug Siklotok yang merupakan rentetan turuan yang ketiga.

Artikel Rekomendasi :   Wisata Religi Masjid Agung Jawa Tengah
Curug Silangit Purworejo

Curug Silangit Purworejo

Rute perjalan menuju salah satu wisata andalan Purworejo ini sangat mudah dan tidak sulit untuk medan tempuhnya. Lokasi wisata Curug Silangit berjarak kurang lebih 16 KM dari pusat kota Purworejo ke arah timur. Jalur yang dilalui adalah Jalur Utama Purworejo – Kaligesing dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi, baik sepeda motoh maupun mobil. Selain menggunakan kendaraan pribadi, tempat wisata ini juga dapat ditempuh menggunakan kendaraan angkutan umum yang tersedia melalui jalur trayek Purworejo – Kaligesing dan turun di depan Balai Desa Somongari. Dari turunan itulah dilanjutkan dengan berjalan kaki atau ojek yang terkadang ada di sana. Jaraknya tidak terlalu jauh, sekitar 4 KM dan warga sekitar sudah tahu keberadaan tempat wisata ini, jadi jika bertanya akan sangat mudah menemukan jawabannya.

Artikel Rekomendasi :   Berkunjung Ke Pagoda Avalokistevara Semarang

Jalan setapak yang menuju ke arah Curug Silangit dibangun dari tumpukan batu tertata rapi, jadi pengunjung dapat dengan mudah melewatinya. Selain itu beberapa petunjuk arah juga telah disediakan oleh beberapa pihak, salah satunya mahasiswa KKN yang ikut mengembangkan tempat wisata ini dengan menyediakan petunjuk arah ke Curug Silangit. Parkir kendaraan sudah disediakan tempat oleh pengelola dengan biaya yang sangat terjangkau, yaitu Rp1.000,- untuk sepeda motor dan Rp3.000,- untuk mobil.

Biaya masuk ke lokasi wisata Curug Silangit sangat murah untuk siapa saja, yaitu Rp2.500,- per orang. Pemandangan yang indah alam sekitar pegunungan ini dipadukan dengan gemercik air terjun Silangit yang mempesona akan menghilangkan segala kepenatan Anda. Tempat ini sudah dilengkapi dengan kebutuhan khusus seperti toilet dan kamar mandi. Selain itu beberapa warung juga terlihat berjajar di sekitar lokasi tidak jauh dari air terjun. Tetapi itu semua tidak akan mengurangi keindahan Air Terjun Curug Silangit.

Akses Jalan Curug Silangit

Akses Jalan Curug Silangit

Tempat ini sangat ramai dikunjungi pada saat musim liburan. Selain itu, di hari-hari biasa juga tidak sedikit yang datang untuk sekedar bersantai dengan balutan keindahan alam yang mempesona. Warga sekitar sering memanfaatkan lokasi ini sebagai tempat refreshing sederhana yang murah meriah tetapi keindahannya menakjubkan. Jika Anda ada rencana liburan dalam waktu dekat ini, apalagi lokasi Anda tidak jauh dari Kabupaten Purworejo, tempat wisata Curug Silangit dapat dimasukkan dalam list kunjungan wisata Anda.

Artikel Rekomendasi :   Wisata Bahari Pantai Alam Indah Tegal

Nama Lokasi : Objek Wisata Curug Silangit Purworejo
Alamat : Dusun Jeketro, Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Propinsi Jawa Tengah
Ketinggian Curug : 30 M, 10 M, 10 M

Sumber gambar : www.telusurindonesia.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.