Pesona Taman Balekambang Solo Kental Nuansa Edukatif

Kota Surakarta: Tempat wisata di Solo tidak terbatas pada objek wisata bernuansa budaya saja. Banyak tempat wisata menarik yang ada di Solo dan rekomended untuk dikunjungi. Salah satunya adalah objek wisata Taman Balekambang yang kental akan nuansa edukatif. Taman ini sudah ada sejak tahun 1921 dan banyak dijadikan warga untuk menghabiskan waktu liburan.

Banyak warga memanfaatkan tempat terbuka hijau di Solo ini untuk mengajak keluarganya bersantai. Tempatnya yang adem karena banyak pepohonan besar menjadi daya tarik tersendiri di dalam kota besar. Selain itu, nuansa edukatif di Taman Balekambang juga sangat kental dirasakan dan cocok untuk membawa anak-anak kesana.

Pesona Taman Balekambang Solo Kental Nuansa Edukatif

Taman Balekambang tidak hanya diminati oleh warga Solo saja. Banyak sekali warga luar daerah yang rela datang dari jauh untuk berkunjung ke sini. Beberapa objek wisata yang ada di dalamnya menjadi salah satu alasan mereka untuk datang.

Berikut ini beberapa daya tarik yang berhasil kami himpun.

Taman yang Nyaman, Asri, dan Banyak Satwa

Taman ini dinamakan juga sebagai Hutan Kota Solo. Karena di dalam Taman Balekambang yang luasnya  mencapai 9,8 hektar ini terdapat banyak sekali pepohonan. Pohon yang sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun tersebut membuat atmosfer di taman dan kawasan sekitar menjadi sejuk.

Artikel Rekomendasi :   Tugu Muda Semarang Di Malam Hari Memang Keren

Suasana adem di siang hari menjadi alasan utama pengunjung datang. Mereka ingin menikmati suasana asri yang ada di hutan kota. Mereka bebas memilih tempat untuk berkumpul dan menikmati kenyamanan dan keasrian suasana Taman Balekambang.

Tidak sedikit tanaman langka yang tumbuh di Taman Balekambang. Pepohonan ini tumbuh dengan subur dan rindang di kawasan taman dan memberikan nuansa asri di tengah-tengah kota.

Kalian dapat berkeliling area taman sepuasnya, baik dengan berjalan kaki maupun dengan menyewa kereta wisata. Kereta wisata yang tersedia ada yang dikayuh sendiri maupun dengan ditarik dengan kuda.

Di dalam rimbunan pepohonan terdapat sebuah area yang terdapat sebuah patung. Patung tersebut bernama Partinah Bosch. Patung inilah yang menjadikan alasan Taman Balekambang dibangun.

Selain itu, hampir di setiap sudut taman yang lluas itu kalian akan menemukan berbagai macam satwa. Satwa yang sering dijumpai di area taman ini seperti: rusa, merak, ituk, iguana, dan lain-lain. Tidak jarang hewa-hewan ini menghampiri pengunjung dan tenang untuk diajak berfoto.

Artikel Rekomendasi :   Sejuknya Udara Hutan Pinus di Kawasan Hutan Wisata Sreni Indah Jepara

Pesona Kolam Partini Tuin

Di area ini kalian dapat menikmati keindahan taman dari atas air. Kolam yang cukup luas ini menjadi salah satu wahana yang menarik ketika kalian berkunjung di sana. Ada becak air yang dapat disewa dengan biaya mulai dari Rp5.000,- untuk digunakan muter-muter di area kolam.

Di salah satu bagian kolam ini terdapat sebuah patung yang dinamakan Partini Tuin. Sosok inilah yang menjadi alasan Taman Balekambang ini ada.

Taman Reptil Balekambang

Daya tarik yang kental dengan nuansa edukatif adalah Taman Reptil Balekambang. Lokasinya ada di dalam kawasan Taman Balekambang Solo.

Taman reptil ini memiliki koleksi satwa reptil yang cukup lengkap. Sangat cocok untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang kekayaan ini kepada mereka.

Taman Reptil Balekambang ini diresmikan pada tahun 2012 dan tetap beroperasi sampai dengan sekarang. Koleksi satwanya juga semakin bertambah dan semakin menarik untuk dikunjungi.

Panggung Pertunjukan yang Megah

Di dalam area Taman Balekambang terdapat dua buah panggung pertunjukan. Panggung pertunjukan ini menjadi salah satu tempat berkembangnya berbagai kesenian asli kota Solo atau Surakata.

Artikel Rekomendasi :   Keindahan Alam di Taman Nasional Karimun Jawa

Panggung pertunjukan yang pertama sering digunakan untuk pementasan Sendratari Ramayana di setiap malam bulan purnama. Selain itu juga sering dijadikan tempat untuk pementasan tembang kenangan, musik keroncong, dan lain-lain.

Semua pertunjukan tersebut terbuka untuk umum dengan kapasitas pengunjung mencapai 1.000 penonton.

Panggung pertunjukan yang kedua sering digunakan untuk Pementasan Ketoprak. Pementasan dilakukan setiap hari Sabtu malam dan terbuka untuk umum.

Lokasi Taman Balekambang Solo

Berikut ini informasi lokasi dan jam operasionalnya.

  • Alamat: Jalan Balekambang No. 1 Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah
  • Jam operasional: 06:00 s.d. 17:00 WIB (Kecuali ada pementasan)
  • Telepon pengelola: 0271-736227
  • HTM taman: GRATIS

Selain beberapa daya tarik yang kami sebutkan di atas, tentu masih banyak hal yang dapat dilakukan di Taman Balekambang. Silahkan kalian semua untuk merencanakan berakhir pekan atau berlibur kesana. Lumayan, tidak dipungut biaya apapun untuk masuk alias GRATIS.

Selamat berlibur dan selamat berkunjung ke Solo.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.