Pesona Curug Cipendok Memanjakan Mata

Kab. Banyumas : Tidak pernah terbesit kata bosan untuk mengulas keindahan alam dan potensi wisata di Jawa Tengah. Banyak sekali tempat wisata di Jawa Tengah yang masih belum begitu dikenal oleh kalangan umum, padahal tempat wisata Jawa Tengah tersebut sangatlah mempesona dan memanjakan mata dengan keindahan yang dimiliki. Untuk Anda penggemar wisata alam air terjun, jangan lewatkan destinasi wisata Jawa Tengah yang satu ini. Wisata air terjun mempesona di lereng Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 92 meter berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun yang syarat dengan nilai sejarah perjuangan kemerdekaan ini dinamakan dengan Curug Cipendok dan dikenal dalam dunia wisata sebagai Wana Wisata Curug Cipendok.

Daya Tarik Utama Wana Wisata Curug Cipendok

Sebagai sebuah wisata alam, Curug Cipendok memberikan pemandangan alam yang menakjubkan. Pemandangan alam asri ditampilkan bersama dengan deburan air terjun yang jatuh dari atas. Seperti biasanya, wisata alam pegunungan memberikan kesan pemandangan yang luar biasa. Mulai dari perjalanan menuju tempat wisata yang ditemani oleh berbagai pemandangan alam yang jarang dilihat. Dan daya tarik utama dari Wana Wisata ini adalah keberadaan air terjun yang tingginya mencapai 92 meter dengan aliran air yang deras dan jernih. Kubang bawah terjunan air yang dikelilingi oleh tebing dan tumbuhan menghijau menambah suasana nyaman dan enak untuk bersantai.

Wana Wisata Curug Cipendok Banyumas

Wana Wisata Curug Cipendok Banyumas

Lokasi Wana Wisata Curug Cipendok

Wana wisata Curug Cipendok masuk dalam wilayah kabupaten Banyumas. Tepatnya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Air terjun ini termasuk rentetan air terjun yang berada di lereng Gunung Slamet, Jawa Tengah. Dan lokasi air tejun Curug Cipendok berada di kawasan Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyumas Timur. Jalur tempuh juga dapat dilalui dari Purwokerto dengan jarak sekitar 15 KM.

Artikel Rekomendasi :   Goa Sarabadak, Yellow Sparkling Cave in Banyumas
Baleho Selamat Datang di Wana Wisata Curug Cipendok

Baleho Selamat Datang di Wana Wisata Curug Cipendok

Rute Perjalanan (Aksesbilitas)

Jalur tempuh ke air terjun Curug Cipendok selain dilakukan dari kota Banyumas juga dapat ditempuh dari kota Purwokerto. Dari kota Purwokerto masuk ke Jalan Jendral Sudirman dan menuju alun-alun Purwokerto. Selanjutnya akan dilanjutkan bergerak menuju arah jalan raya Losari. Pada ruas jalan Losari ini akan ditemui sebuah rambu-rambu lampu kuning dengan petunjuk jalan menuju ke Karangtengah (Curug Cipendok). Lanjutkan perjalanan dengan mengikuti arah rambu tersebut sampai pada pintu gerbang Curug Cipendok. Dari pintu gerbang, perjalanan berkendara masih sejauh kurang lebih 1 KM untuk mencapai pemberhentian terakhir berupa lahan pengelolaan dan tempat parkir. Setelah sampai di pemberhentian terakhir, perjalanan menuju air terjun Curug Cipendok dilanjutkan dengan berjalan kaki kurang lebih 500 meter.

Rambu Petunjuk Jalan ke Curug Cipendok

Rambu Petunjuk Jalan ke Curug Cipendok

Fasilitas Pendukung Wana Wisata Curug Cipendok

Sebagai tempat wisata Jawa Tengah yang memiliki jumlah pengunjung lumayan banyak, beberapa fasilitas bagi pelanggan mulai dibenahi dan disediakan. Fasilitas pendukung di lokasi wana wisata seperti: Cottage, bumi perkemahan, saran outbound, jogging track, dan jungle track.

Artikel Rekomendasi :   Curug Nangga Lambang Keindahan Wilayah Barat Banyumas

Biaya Masuk (HTM)

Biaya masuk untuk wana wisata Curug Cipendok sangatlah terjangkau. Hanya dengna membayar Rp6.000,- per orang sudah dapat menikmati pemandangan menawan dari wana wisata.

Tertarik untuk berkunjung ke wana wisata Curug Cipendok ? Silahkan tentukan waktu yang tepat dan teman yang tepat untuk menikmati wisata alam yang menawan ini.

Sumber : balibackpacker.blogspot.com ;

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. Explore d'Jateng berkata:

    jika Anda ingin mencari info tetang tempat wisata di Jawa Tengah silakan kunjungi website kami 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.