Pemandian Air Panas Guci Kabupaten Tegal

Kab. Tegal : Kabupaten Tegal memiliki tempat istimewa yang berada di kaki gunung Slamet. Tempat tersebut terkenal dengan lokasi yang sejuk yang diserasikan dengan hangatnya air dari pemandian air panas. Nama tempat tersebut adalah Pemandian Air Panas Guci. Tempat ini terletak di kaki gunung Slamet dengan pamandangan hijau yang mempesona. Tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata di kabupaten Tegal bagi para pengunjung yang ingin memanjakan diri dengan bermandikan air panas/hangat dari kaki gunung Slamet ini.

Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci berada di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Kabupaten Tegal. Menurut mitos yang beredar selama ratusan tahun, air panas Guci berasal dari air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam ke Jawa Tengah bagian barat di sekitar Tegal. Karena air itu ditempatkan di sebuah guci (poci), dan berkhasiat mendatangkan berkah, masyarakat kemudian menyebut lokasi pemberian air itu dengan nama Guci.

Oleh karena air pemberian wali itu sangat terbatas, pada malam Jumat Kliwon, salah seorang sunan menancapkan tongkat saktinya ke tanah. Atas izin Tuhan, mengalirlah air panas tanpa belerang yang penuh rahmat ini. Nah, Sampai saat ini, setiap malam Jumat Kliwon, banyak pengunjung datang dan mandi di tempat pemandian air panas ini untuk mendapat berkah. Wisata Pemandian Guci berupa air terjun hangat yang mengalir deras dari atas bukit.

Artikel Rekomendasi :   Temukan Aktivitas Jawa Bernilai Tinggi Di Balemong Resort

Keistimewaan

Sepanjang perjalanan menuju obyek wisata Pemandian Air Panas Guci, pengunjung akan disuguhi pemandangan elok: hamparan sawah serta perkebunan sayur dan bawang merah yang mendominasi sepanjang kanan dan kiri jalan. Sekitar lima kilometer sebelum lokasi, tampak vila-vila dan pemondokan berjejer rapi di pinggir jalan yang disewakan untuk menampung para pengunjung yang ingin bermalam.

Keistimewaan Pemandian Air Panas Guci adalah airnya yang panas dan jernih, tidak berbau, dan tidak berwarna. Guci memiliki 25 pancuran air panas dengan suhu yang berbeda. Para pengunjung meyakini bahwa air panas pancuran Guci dapat menyembuhkan segala penyakit. Pada pemandian umum yang disebut pancuran 13, berjarak sekitar satu kilometer di atasnya, terdapat air terjun dengan air dingin bernama Air Terjun Jedor. Dinamai begitu karena dulu tempat di sekitar air terjun setinggi 15 meter itu dimiliki seorang lurah yang bernama Lurah Jedor.

Artikel Rekomendasi :   Curug Cantel Bumijawa Tegal yang Indah dan Menantang

Setiap malam Jumat Kliwon, di tempat ini diadakan ritual mandi bersama yang diikuti oleh pengunjung dari berbagai daerah. Menurut legenda setempat, obyek wisata ini dijaga oleh seekor naga yang menempati sebuah gua di lereng Gunung Slamet. Naga itulah yang memberikan khasiat pada pancuran Pemandian Air Panas Guci.

Lokasi dan Akses Jalan

Pemandian Air Panas Guci terletak di Kecamatan Bumi Jawa, di lereng Gunung Slamet bagian utara, berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Pekalongan. Secara geografis Guci termasuk wilayah Kabupaten Tegal, Propinsi Jawa Tengah.

Dari arah Semarang, pengunjung dapat menggunakan bus jurusan Semarang-Tegal. Setelah sampai di Terminal Tegal, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum (minibus) menuju Desa Tuwel yang memakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Dari Tuwel, perjalanan dilanjutkan dengan kendaraan bak terbuka menuju Guci.

Artikel Rekomendasi :   Kacang Bogares, Kacang Asin Andalan Kota Tegal

Biaya Masuk

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung cukup membayar Rp 4.500 (tahun 2012). (sumber : wisata.kompasiana.com)

Fasilitas

Di tempat wisata ini telah tersedia berbagai macam fasilitas seperti penginapan, wisata hutan (wanawisata), kolam renang air panas, lapangan tenis, lapangan sepakbola, hotel, vila, dan bumi perkemahan.

Prospek Lain

Berbeda dengan mata air panas yang lain, Guci memiliki mata air yang jernih tidak berbau dan tidak keruh  karena tidak  mengandung belerang. Guci terdapat 25 pancuran dan ada 3 kolam pemandian bertingkat masing-masing dari kolam pemandian tersebut airnya selalu mengalir dan terus berganti.

   

Di mata air panas Guci juga terdapat air terjut 13, namun air terjun tersebut merupakan air terjun yang berair dingin sementara diatasnya ada juga air terjun yang bernama air terjun Jedor. Di beri nama air terjun Jedor karena dahulu disekitar air terjut tersebut adalah milik seorang lurah yang bernama Jedor.

Sumber : wisatamelayu.com ; wisata.kompasiana.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.