Keramaian IMLEK di Pasar Semawis Semarang

pasar imlek semawis semarangSemarang Kota : Perayaan tahun baru China atau yang lebih dikenal dengan nama IMLEK memang sudah banyak ditemui diberbagai daerah di Indonesia. Karena tergolong banyaknya juga warga China yang sudah menjadi warga negara Indonesia, tahun baru IMLEK terbilang meriah di Indonesia. Salah satunya ada di Semarang yang disebut Komunitas Pecinan Semarang. Komunitas Pecinan Semarang memiliki cara yang unik dalam memperingati tahun baru IMLEK. Mereka membuat sebuah acara tahunan yang dimulai pada tahun 2004. Acara tersebut dinamakan Pasar IMLEK Semawis atau Pasar Semawis yang letaknya berada di daerah pecinan Kota Semarang.

┬áPasar Semawis dibentuk sebagai salah satu daya tarik untuk wisata malam dan tahun baru IMLEK. Pasar ini buka setiap Jum’at, Sabtu, dan Minggu malam yang berjejer disepanjang jalan Gang Warung, Pecinan, Semarang. Hidangan yang disajikan di pasar ini juga beraneka ragam. Mulai dari makanan khas Semarang yaitu pisang plenet sampai dengan nasi ayam, es puter, kue serabi, aneka sate, bubur kacang, hingga menu-menu steamboat yang menarik.

Artikel Rekomendasi :   Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang

Puncak keramaian Pasar Semawis biasanya pada acara pergantian tahun China atau yang sering disebut IMLEK. Pada acara tersebut, pasar ini akan dipadati oleh orang yang ingin menikmati beberapa sajian kuliner dan pementasan budaya China yang dipadu dengan budaya lokal.

pasar imlek semawis semarang

Pasar Semawis sangat cocok bagi orang-orang yang senang berbelanja, kuliner dan melihat hiburan budaya. Sajian dari ketiga aspek tersebut dapat dijumpai ditemapt ini. Tidak ada biaya masuk (tiket) ke area ini, hanya biaya parkir kendaraan bagi yang membawa kendara bermotor.

pasar imlek semawis semarang

Lokasi berada di Jalan Wotgandul Timur, Gang Baru, Gang Belakang, Gang Gambiran, Gang Tengah, dan Gang Besen kawasan Pecinan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Akses jalan dapat ditempuh dengan menggunakan mobil pribadi atau taksi, dan kendaraan bermotor lainnya. Dari jalan Gajahmada, dapat masuk lewat jalan Wotgandul Barat > Plampitan > Kranggan > parkir di jalan Beteng. Dari jalan Gajah Mada juga dapat masuk langsung ke jalan Kranggan lewat perempatan Depok. Jalur lain adalah lewat Pasar Johar atau Jurnatan, masuk lewat jalan Pekojan > parkir di jalan Gang Pinggir. Setiap akhir minggu malam saat Waroeng Semawis digelar, beberapa jalan di Pecinan ditutup salah satu ujungnya, yaitu jalan Gang Besen, Gang Tengah, Gambiran, Gang Belakang dan Gang Baru. Jalan – jalan tersebut dapat digunakan untuk parkir kendaraan pengunjung Pasar Semawis. (id.wikipedia.org)

Artikel Rekomendasi :   Wisata Mewah Dalam Balutan Tradisional Jawa Balemong Resort

pasar imlek semawis semarang

Pada tahun 2013 ini, tahun baru China di Pasar Semawis akan diperingati pada bulan Januari 2013, dengan asajian tradisi China yang dipadu dengan budaya lokal. Pementasan kesenian menarik dan suguhan kuliner yang beraneka ragam akan menghiasi lokasi Pasar Semawis pada malah hari di hari Jum’at, Sabtu, dan Munggu malam.

Sumber : id.wikipedia.org ; wisatamelayu.com ; harian suara merdeka Rabu, 9 Januari 2013

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.