Wisata Bahari Pantai Alam Indah Tegal

Kab. Tegal : Kabupaten Tegal memiliki beberapa tempat wisata bahari yang menarik dan cocok untuk dikunjungi dalama mengisi liburan bersama keluarga maupun kerabat. Wisata bahari yang terkenal di Tegal adalah Pantai Alam Indah (PAI) yang didirikan pada tahun 1971. Pantai ini tergolong lengkap dengan fasilitas untuk mengisi liburan oleh berbagai kalangan masyarakat, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun orang tua. Dari sejarah berdirinya, pada tahun 1971 bapak Herman P mempunyai ide untuk memanfaatan pantai Tegal yang pada saat itu tidak terawat dan kotor. Yang apabila dipelihara, ditata dan dirawat dengan baik akan menjadi pantai yang indah, yang berpotensi untuk tempat rekreasi warga Kotamadya Tegal dan sekitarnya. (sumber : tegalkota.go.id)

Pantai di Kota Tegal ini juga dilengkapi dengan sarana bermain anak dan terdapat bermacam bangunan seperti kapal-kapalan dan ada wisata permainan air atau kolam renang yah anggap saja sebagai Waterbom mini. Setiap sore banyak orang mengunjungi pantai tersebut untuk sekadar melihat sunset atau berjalan jalan, maklum saja masuk tempat wisata ini sangat murah, yaitu cukup dengan Rp1.500,00 kita sudah dapat menikmati indahnya pantai di kota ini. (sumber : travel.detik.com)

Di kawasan pantai ini terdapt juga bangunan-bangunan tua peninggalan angkatan laut yang dahulu dipakai sebagai tempat pelatihan opsir. Dan tidak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat beberapa peninggalan Sekolah Angkatan Laut yang sekarang difungsikan sebagai asrama susteran. Ini bukti bahwa kabupaten tegal memili peran yang luar biasa dalam berdirinya Angkatan laut Indonesia.

Artikel Rekomendasi :   5 Pesona Wisata Alam Terbaik Di Tanah Kelahiran R.A. Kartini

Bangunan-bangunan tersebut dapat dikunjungi oleh pengunjung hanya dengan masuk ke kawasan Pantai Alam Indah, karena monumen-monumen dan peninggalan ini masih dalam satu pengelolaan dan satu tiket masuk dengan kawasan Pantai Alam Indah.

Biaya tiket untuk masuk ke lokasi Pantai Alam Indah tidaklah mahal, bahkan sangat murah untuk bandingan kepuasan wisata yang didapatkan. Harga tiket untuk anak-anak adalah Rp1.000,- dan untuk dewasa adalah Rp1.500,-. Dengan harga tiket masuk yang relatif sangant murah tersebut, diharapkan dapat membantu menarik pengunjung untuk mengunjungi wisata bahari kabupaten Tegal tersebut. (sumber : libuaran.info)

Berbagai fasilitas penginapan pun sudah sangat tersedia di sini. Bagi pengunjung yang ingin menikamati suasan matahari di sore hari, bisa menginap di penginapan yang tersedia di sepanjang kawasan pantai. Tempat wisata ini dekat dengan pusat Kota Tegal. Jadi masih bisa dijangkau dengan kendaraan. Lokasinya pun cukup strategis, karena melalui Jalan Pantura.

Artikel Rekomendasi :   Destinasi Liburan Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu

Anjungan Pantai merupakan fasilitas yang banyak diminati oleh pengunjung karena pengunjung dapat menikmati suasana di tengah laut dengan menyusuri anjungan tersebut. Bagi yang gemar memancing, di anjungan tersebut juga dapat dipakai untuk memancing.

Untuk tahap pengembangan, pengelolaan pantai ini akan terus berusaha menambah fasilitas yang dapat menarik pengunjung untuk datang dan menikmati keindahan Pantai Alam Indah kebanggan kota Tegal tersebut.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.