Nikmatnya Oleh-Oleh Kelapa Kopyor Khas Pati

kelapa kopyor genjah patiKab. Pati : Oleh-oleh manjadi satu barang yang wajib dibawa ketika kembali dari tempat yang lain saat berlibur. Setiap daerah memiliki khas oleh-oleh yang berbeda-beda dan tidak ada di tempat yang lainnya. Hal inilah yang menyebabkan seeorang yang berkunjung ke daerah lain pasti mencari sesuatu yang menjadi khas daerah yang dikunjungi sebagai oleh-oleh untuk keluarga yagn di rumah. Barang yang dijadikan sebagai oleh-oleh juga sangat bervariatif. Seperti jika kita berkunjung kabupaten Pati yang ada di Jawa Tengah. Kelapa kopyor dapat dijadikan oleh-oleh yang menarik bagi sanak saudara di rumah.

Kabupaten Pati memiliki satu jenis oleh-oleh khas yang menarik. Kelapa kopyor atau yang lebih dikenal dengan kelapa kopyor genjah adalah salah satu tanaman asli dari kabupaten Pati yang menjadi ciri khas. Kelapa kopyor sudah pasti banyak dikenal oleh masyakarat pada umumnya. Tetapi di sini, tidak hanya dapat melihat dan menikmati buahnya, tetapi juga dapat langsung melihat bahkan mengambil buah kelapa kopyor langsung dari pohonnya.

Artikel Rekomendasi :   Menikmati Keindahan Perkebunan Kopi dan Bumi Perkemahan Kabupaten Pati

                      kelapa kopyor kelapa kopyor

Di kabupaten Pati tidak ada perkebunan khusus untuk tanaman kelapa kopyor, tetapi keberadaan kelapa kopyor dilestarikan di setiap pekarang rumah warga kabupaten Pati. Tidak semua wilayah kabupaten Pati yang dapat ditumbuhi tanaman ini. Wilayah kabupaten Pati yang banyak ditumbuhi oleh tanaman ini adalah wilayah bagian utara dan barat. Di wilayah bagian utara sendir yang paling terkenal sebagai produsen buah kelapa kopyor adalah kecamatan Dukuhseti dan kecamatan Tayu. Di daerah ini, mayoritas buah kelapa kopyor dari Pati dihasilkan dan diperdagangkan sampai ke luar daerah Pati.

                     kelapa kopyor kelapa kopyor

Artikel Rekomendasi :   Fasilitas Dan Oleh-Oleh Sama Uniknya

Kelapa kopyor khas Pati yang bernama kela kopyor genjah ini memiliki rasa yang manis dan pas untuk dinikmati. Daging yang memiliki tekstur lembut dan terasa lumar di mulut serta rasa air buah yang manis dan enak. Jenis kelapa kopyor dair Pati ini memiliki ukuran yang relatif kecil dibandingkan ukuran kelapa pada umumnya. Tetapi untuk kecepatan dalam pertumbuhan dan cepatnya berbuah dapat diandalkan ketangguhannya.

Buah kelapa kopyor di Pati ini dapat ditemui dan dibeli hampir di setiap pasar tradisional yang berada di daerah kedua kematan tersebut. Selain itu juga ada beberapa toko yang menyediakan kelapa kopyor jenis ini. Para pembeli tidak perlu kuatir dalam memilih kelapa kopyor yang baik karena kelapa kopyor yang dijual merupakan kelapa kopyor pilihan. Selain di pasar dan di toko-toko juga ada pedagang yang berlaku sebagai pengepul buah kelapa kopyor dari petani. Untuk harga juga tidak terlalu tinggi dan relatif terjangkau dan cocok untuk oleh-oleh.

Artikel Rekomendasi :   Kampoeng Semarang, Destinasi Wisata Baru di Semarang

kelapa kopyor

Dalam satu butir kelapa kopyor sedang sudah dapat dinikmati oleh 2-3 orang sampai puas. Biasanya disajikan dengan menggunakan air kelapa muda dan gula jawa. Selain itu juga ada yang menyediakan dengan menggunakan sirup botolan dan air putih.

Nikmatnya salah satu kuliner khas kabupaten pati ini untuk disajikan dengan es dan sirup kesukaan keluarga Anda.

Untuk membeli buah kelapa kopyor, silahkan baca informasi selanjutnya DISINI.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

  1. Imaroh berkata:

    Hemmm, enaknya kelapa kopyor itu…. Dibuat es pasti lebih enak lagi… hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.