Kuliner Bernama Unik Dengan Kelezatan Khas Pemalang

nasi grombyang pemalangKab. Pemalang : Kuliner yang satu ini memang memiliki nama yang unik. Nama yang diberikan tentunya berhubungan dengan khas kuliner ini. Nasi Grombyang, begitulah masyarakat Pemalang menyebutnya. Kuliner yang menjadi kuliner khas kabupaten Pemalang ini mendapatkan namanya karena bentuk penyajiannya yang unik. Dengan penyajian porsi yang keadaan jumlahnya berbanding jauh. Kuah yang digunakan nasi ini terlihat lebih banyak daripada isi yang ada di dalamnya, sehingga pada waktu penyajian akan terlihat adanya goyangan/gerakan dari isi kuliner ini. Goyangan tersebut menjadi ciri khas nama Nasi Grombyang yang dapat dinikmati di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Nasi Grombyang merupakan perpaduan dari nasi sebagai bahan utamanya, dengan lauk dari daging kerbau, serta kuah dengan bumbu-bumbu khas masyarakat Pemalang. Penyajiannya pun menggunakan mangkuk kecil, hampir menyerupai penyajian kuliner soto pada umumnya. Sebagai pelengkap dari menu utama Nasi Grombyang, sate kerbau juga ikut serta dalam porsi kuliner ini. Sate kerbau menambah daya tarik karena tusukan yang besar-besar membuat orang tidak enggan untuk menikmatinya.

Artikel Rekomendasi :   Warung Makan Mbak Toen Ada Makanan Unik

nasi grombyang pemalang

Yang menjadi daya tarik dari khasnya Nasi Grombyang khas Pemalang adalah cara berjualannya. Dalam penjualan, Nasi Grombyang memiliki ciri yang tidak ditemui pada cara penjualan kuliner nasi pada umumnya. Tempat yang dijadikan wadah bahan Nasi Grombyang merupakan sebuah kuali besar dengan penutup atasnya kain berwarna merah. Uniknya lagi, jika berjualan sampai malam hari, lampu yang dipakai sebagai penerangan menggunakan Lampu Teplok. Bagi pembeli, ketika menikmati Nasi Grombyang langsung di tempat jualan akan disiapkan sebuah tempat duduk yang unik dan syarat akan nuansa jaman dahulu, yaitu kursi kecil dan pendek atau dalam orang jawa menyebutnya Dingklik.nasi grombyang pemalang

Untuk menemukan penjual Nasi Grombyang khas Pemalang ini tidaklah terlalu sulit. Pedagang yang menjajakan kuliner ini tersebar hampir di seluruh wilayah Pemalang. Tetapi yang paling ramai dikunjungi kebanyakan di daerah kota Pemalang sendiri, sekitar alun-alun kota Pemalang. Salah satu yang paling terkenal di Pemalang dengan kuliner andalannya Nasi Grombyang adalah Nasi Grombyang Bapak Haji Warso yang berada di Jalan RE Martadinata, Pelutan, Pemalang, Jawa Tengah. Lokasinya berada di sebelah utara alun-alun kota Pemalang. Selain warung milik bapak H. Warso, ada juga beberapa warung lain yang sudah terkenal dalam menyediakan menu kuliner Nasi Grombyang khas Pemalang ini, seperti warung  Nasi Grombyang milik Pak H. Waridin yang bereada di Sirandu (bekas terminal lama kota Pemalang) dan warung Nasi Grombyang Pak Syukur yang biasa membuka warungnya di Pasar Petarukan.

Artikel Rekomendasi :   Lezatnya Kerang Srimping Pak Sangklak Semarang

Untuk menikmati Nasi Grombyang khas Pemalang ini, harga yang dipatok juga sangat terjangkau bagi semua kalangan. Cukup dengan Rp10.000,- per porsi dan Rp2.500,- per tusuk sate kerbau. Sate yang disediakan juga bervariatif, mulai dari sate daging kerbau, sate babat, sate jantung, sate tulang muda, sate usus sapi, dan lain-lain.

Jika Anda berada di Pemalang atau melewati wilayah ini, tidak ada salahnya Anda mencicipi kuliner Nasi Grombyang khas Pemalang yang dapat menggoyang lidah Anda dengan kelezatannya.

Sumber : lifestyle.kontan.co.id ; wisatakuliner.com ; hartantosanjaya.name ; id.wikipedia.org ; foursquare.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.