Menikmati Kelezatan Lontong Raksasa dari Kudus, Lontog Tanjung

Kab. Kudus : Kabupaten Kudus memang tidak hanya termasyur dengan julukan kota kretek-nya. Kota Kudus juga memiliki banyak sekali potensi yang menarik untuk diketahui dan dicoba. Salah satu yang menarik di sini adalah kelezatan masakan khas, terutama lontong raksasa yang dibuat oleh warga Tanjung, yang disebut dengan Lontog Tanjung. Lontong ini berbeda secara ukuran dari jenis lontong yang dibuat di daerah lain di Jawa Tengah. Ukurannya jauh lebih besar dari ukuran lontong pada umumnya. Lontong ini dibuat sedemikian rupa oleh warga desa Tanjung Karang Kecamatan Jati Kabupaten Kudus.

Lentog Tanjung paling pas disuguhkan sebagai menu sarapan. Itu sebabnya setiap pagi hari, puluhan penjual lentog berderet rapi di kios-kios permanen yang telah disediakan, di kawasan Tanjung. Biasanya mereka berjualan dari jam lima pagi hingga jam sepuluh.

Artikel Rekomendasi :   Pesona Air Terjun di Pegunungan Muria, Kudus

Lentog Tanjung disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil dan dilengkapi dengan sayur nangka muda bersantan (menyerupai gudeg, namun warnanya pucat dan rasanya tidak semanis gudeg), juga masih ditambah sayur tempe dan tahu pedas. Jika masih kurang pedas, anda bisa menambahkan cabe rawit kukus yang telah disediakan dalam mangkuk, sesuai selera.

Bisa juga menambahkan beberapa lauk, seperti sate usus, sate telur puyuh, bakwan, kerupuk dan lain-lain. Penyajiannya memang sangat sederhana, tapi rasanya sangat lezat. Apalagi jika dinikmati saat pagi hari, terutama sehabis berolahraga. Jangan ragu untuk nambah, karena lentog dan juga kuliner-kuliner lainnya di Kota Kudus umumnya dihidangkan dalam porsi kecil.

Artikel Rekomendasi :   Kerupuk Catak, Merasakan Kerupuk Dengan Harga Emas

 

Untuk menikmati kelezatan Lontog Tanjung ini dapat ditemui di sebuah jalan desa Tanjung, ada sekitar 20-an kios-kios kecil berderet menjajakan lentog. Selebihnya, pedagang bertebaran di area desa. Dan untuk yang tidak mau bersusah-susah ke desa Tanjung, Lontog Tanjung juga dapat timeui diberbagai tempat di wilayah Kudus. Pedagang Lontog Tanjung sudah menyebar ke hampir seluruh wilayah Kudus, bahkan ke luar daerah lain. Dan biasanya juga ada pedagang yang menjajakan Lentog Tanjung dengan mengunjungi rumah ke rumah.

Harga satu porsi Lontog Tanjung berkisar antara Rp2000,- sampai dengan Rp3500,- saja. Sangat terjangkau untuk menggal perut di pagi hari dengan kelezatan khas Kudus.

Artikel Rekomendasi :   Kesegaran Dawet Ayu dari Banjarnegara

 

Sumber : jatengpromo.com, pakdhephantom.wordpress.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.