Objek Wisata Klenteng Sam Poo Kong (Gedung Batu)

Kota Semarang : Peninggalan bersejarah dari jaman dahulu di tengah-tengah kawasan kota memang membawa nuansa tersendiri bagi pengunjung yang datang ke tempat tersebut. Termasuk di kota Semarang ini, yang erat hubungannya dengan peninggalan bersejarah dari jaman dulu. Di kawasan kota Semarang ini, terdapat salah satu bangunan bersejarah yang disebut Klenteng Sam Poo Kong. Tempat bersejarah ini merupakan suatu bentuk bangunan bersejarah dengan tema bangunan China yang kokok dan terdiri dari mayoritas batu dan kayu.

Bangunan ini dibangunĀ oleh seorang dari Tiongkok bernama Sam Poo Tay Djien dalam lawatannya ke Semarang. Klenteng ini memberikan inspirasi bagi berkembangnya berbagai legenda mengenai kota Semarang dan merupakan situs sejarah yang menyimpan legenda kedatangan laksamana Ceng Ho dari negeri China pada waktu berlayar keliling dunia.

Artikel Rekomendasi :   Curug Cantel Bumijawa Tegal yang Indah dan Menantang

Kawasan ini terdiri dari dua area yang bersifat berbeda bagi pengunjung yang berkunjung ke sana. Area pertama adalah area umum yang bersifat umum bagi setiap pengunjung yang datang untuk melakukan aktifitas seperti berfoto-foto dan lain-lain. Dan area yang kedua adalah area untuk berziarah (sembahyang). Tempat untuk area ini berada di dalam Klenteng yang terbangun kokoh dengan dipisahkan pagar dari area yang pertama.

Informasi Pengunjung

Untuk masuk ke are pertama, pengunjung hanya mengeluarkan biaya Rp3000,- /orang untuk membeli tiket masuk ke area. Dengan biaya ini, pengunjung sudah dapat melakukan aktifitas seperti foto-foto dengan latar belakang Klenteng yang menjulang tinggi dan kokoh. Untuk masuk ke dalam Kleteng utama, pengunjung harus membayar tiket terpisah sebesar Rp20.000,- /orang. Di dalam Klenteng tersebut biasanya kebanyakan orang akan melakukan sembahyang bagi kalangan Tionghoa.

Artikel Rekomendasi :   Curug Benowo, Air Terjun Indah di Kabupaten Semarang

Tempat ini tidak hanya digunakan sembahyang bagi orang-orang keturunan China tetapi juga tempat ziarah bagi sebagian kaum muslim. Dibuka untuk umum setiap saat selama 24 jam penuh.

Ā 

Sumber : visitjawatengah.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.