Kerupuk Catak, Merasakan Kerupuk Dengan Harga Emas

kerupuk catak khas demak

Kab. Demak: Geografis yang memiliki wilayah pantai luas, membuat Kabupaten Demak memiliki banyak sekali ciri khas. Demak memang terkenal dengan kota religinya sebagai situs peninggalan Wali Songo (Tokoh Penyebar Agama Islam di Jawa). Tetapi ada ciri khas lain dari Demak yang sangat terkenal sebagai kuliner ringan harganya “emas”. Kuliner tersebut tidak langka dan banyak ditemui di daerah lainnya. Tapi untuk yang satu ini hanya Demak yang memiliki, kuliner khas Kerupuk Catak yang memiliki harga “emas”. Iya benar, kuliner itu adalah kerupuk, tetapi bukan kerupuk pada umumnya. Kerupuk Catak terbuat dari bahan khusus dan pengolahan alami. Harga jualnya juga tidak main-main, mencapai ratusan ribu dalam satu kilogram.

Kerupuk Catak adalah kerupuk yang dibuat dengan menggunakan bahan baku paru-paru ikan. Ikan yang dipilih juga tidak sembarangan ikan, ikan yang dipilih harus ikan yang besar untuk menghasilkan paru-paru yang cukup besar untuk dikeringkan. Dan jangan salah, ikan besar yang dipilih juga tidak ikan besar sembarang, ikan besar yang dipilih terutama adalah ikan besar dari jenis Ikan Manyung. Kesegaran ikan yang akan diambil paru-parunya harus terjamin untuk menjaga kualitas paru-paru dan Kerupuk Catak nanti.

Artikel Rekomendasi :   Kerupuk Tengiri Rembang Cap Lumba-Lumba

Proses pembuatan Kerupuk Catak sangat alami. Pengambilan bahan baku (paru-paru) dilakukan dengan bantuan pisau tajam. Proses pengeringan juga tidak menggunakan mesin, tetapi menggunakan bantuan sinar matahari. Bumbu yang digunakan sangat tradisional dan terbebas dari zat kimia berefek samping. Dan hasilnya dapat dirasakan enaknya, gurihnya, dan mengandung gizi dan protein tinggi.

Kerupuk Catak memiliki daya tahan yang lama karena diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet dan bahan kimia lainnya. Sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh dan disimpan dalam waktu yang lama dengan pengemasan yang rapi. Kerupuk Catak banyak diproduksi oleh para nelayan Kabupaten Demak.

Harga Kerupuk Catak Demak

Jangan heran jika harga Kerupuk Catak sangat tinggi seperti harga “emas”. Penyebabnya adalah cara mendapatkan bahan baku (paru-paru ikan manyung) yang sangat sulit. Selain itu rasanya yang sangat istimewa menjadikan Kerupuk Catak digemari dan diburu oleh banyak orang. Harga Kerupuk Catak mencapai Rp50.000,- per 250 gr (untuk Kerupuk Catak mentah) dan Rp25.000,- per 2 ons (untuk Kerupuk Catak matang). (oleholehdemak.blogspot.com)

Artikel Rekomendasi :   Nasi Jagung dan Botok Yuyu Khas Purwodadi Grobogan

Sekarang juga sudah banyak yang menjual Kerupuk Catak secara online, jadi tidak ada salahnya Anda sekalian mencicipi rasa enak dan gurih dari Kerupuk Catak khas Demak ini.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.