Daya Tarik Kelapa Kopyor Khas Pati

Kab. Pati : Kabupaten Pati memiliki letak geografis lereng gunung muria yang langsung berhubungan dengan pantai pesisir utara jawa. Hal ini menjadikan mayoritas daerah di kabupaten Pati beriklim laut. Dengan memiliki iklim laut, beberapa tanaman yang dapat tumbuh di daerah pesisir pun ada di daerah ini. Salah satunya adalah pohon kelapa. Tetapi, yang ada di kabupaten Pati tidaklah pohon kelapa biasa, melainkan pohon kelapa kopyor yang menjadi khas kabupaten Pati.

Kelapa kopyor tergolong kelapa yang kondisinya tidak normal. Tetapi dengan kondisi tersebut tidaklah membawa kondisi jelek bagi manusia saat mengkonsumsinya. Malahan jenis kelapa ini mengandung rasa yang khas dan enak. Kelapa kopyor berbeda dengan kelapa muda. Kelapa ini memiliki ciri khas daging yang lunak dan lembut, sedikit air, dan daging yang hancur. Rasanya juga unik dan khas, seperti berasa tepung.

Artikel Rekomendasi :   Buah Andalah Pertanian Kabupaten Demak

Jenis kelapa kopyor yang ada di kabupaten Pati adalah kelapa kopyor genjah/kedil/puyoh. Kelapa kopyor jenis ini memiliki ukuran yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan jenis kelapa pada umumnya. Pohon yang tumbuh pun tidak terlalu tinggi dan batangnya tidak terlalu besar. Yang lebih istimewa lagi adalah waktu berbuahnya relatif cepat, yaitu sekitar 4-5 tahun. Buah pertama kan muncul ketika batang sudah setinggi kira-kira 50 cm sampai 1 meter.

Harga jual buah kelapa kopyor di daerah Pati sendiri berkisar antara Rp20.000,- sampai dengan Rp60.000,- per buah, tergantung dengan ukuran buah. Tetapi dalam keadaan sulit buah, harga bisa melambung dua kali lipat.

Untuk harga bibit kelapa kopyor dengan tinggi tunas daun satu, dua, dan tiga antara Rp20.000,- sampai dengan Rp25.000,- per batang. Harga belum termasuk biaya pengiriman untuk keluar kota.

Artikel Rekomendasi :   Mencari Bibit Buah Unggul, Datang Saja Kesini!

Informasi tambahan

{jcomments on}

 

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.