Keindahan Air Terjun Curug Lawe di Belantara Pegunungan Ungaran

Kab. Semarang : Pegunungan Ungaran merupakan wilayah pegunungan yang berada di wilayah Semarang, Jawa Tengah. Wilayah pegunungan ini menyimpan berbagai keindahan yang menakjubkan. Keindahan hutan yang masih terjaga dengan segala keanekaragaman flora dan faunanya. Selain itu, wilayah pegunungan Ungaran juga menyimpan bentuk keindahan lainnya, yaitu air terjun. Air terjun yang ada di belantara pegunungan Ungaran tergolong banyak dan cukup tinggi. Salah satu yang akan dibahas di sini adalah air terjun Curug Lawe yang ada di pegunungan Ungaran wilayah desa Kalisidi, Kecamatan Gunung Pati, kabupaten Semarang.

Untuk menuju air terjun Curug Lawe, ada beberapa akses jalan yang dapat dilalui. Akses jalan yang akan dilewati kali ini adalah kawasan Perkebunan Cengkeh Zanzibar, Kalisidi. Pemberhentian kendaraan bermotor terkahir ada pada wilayah Perkebunan Cengkeh Zanzibar tersebut. Sesampainya di gerbang utama Perkebunan Cengkeh Zanzibar, kita akan disambut oleh penjaga perkebunan, sebaiknya ijin terlebih dahulu untuk mengunjungi Curug Lawe. Jika sudah masuk, di dalam lokasi perkebunan cengkeh tersebut akan ada pemberhentian kendaraan bermotor terakhir untuk menuju Curug Lawe. Kendaraan bermotor akan diparkir di lokasi yang telah disediakan dengan membayarkan biaya parkir sebesar Rp2.000,- per kendaraan.

curug laweSetelah mengkondisikan fisik dan kendaraan sudah terparkirkan dengan benar, saatnya memeriksa perbekalan yang akan dibawa ke atas. Untuk yang belum memiliki perbekalan, di dekat lokasi parkir kendaraan tersebut ada beberapa toko yang dikelola masyarakat dan menyediakan beberapa perbekalan untuk konsumsi. Setelah persiapan semua, saatnya melanjutkan perjalan menuju ke Curug Lawe. Akses jalan harus ditemuh dengan berjalan kaki, kurang lebih 2 KM atau perjalanan sekitar 1,5 jam dari pemberhentian. Perjalanan menyusuri jalan yang ada di hutan belantara pegunungan Ungaran. Penunjuk arah sudah tersedia di beberapa titik akses jalan, jadi tinggal mengikuti penunjuk arah tersebut.

Artikel Rekomendasi :   Air Terjun Tretes Wujud Indah Wilayah Pati

Askes jalan dari pemberhentian kendaraan sampai di air terjun cukup ekstrim dan perlu berhati-hati. Setengah jalan menyusuri saluran irigasi dan setengahnya lagi akan melusup ke hutan melalui tepian sungai. Rasa segar dan kagum akan terasa saat menyusuri perjalanan menuju Curug Lawe ini. Bebatuan yang besar, air yang mengalir, desisan binatang hutang, dan alunan daun pepohonan tertiup angin akan menemani sepanjang perjalanan. Dingin akan merasuk ke segala bagian tubuh, jadi usahakan memakai pakaian yang cukup hangat.

Sesekali kita akan menyebereang sungai kecil yang dipenuhi bebatuan dengan gemercik airnya tanpa adanya jembatan. Ada beberapa jembatan kayu tua yang eksotis yang harus kita lewati untuk menyeberangi sungai. Tetapi jangan kuatir, jembata-jembatan tersebut tergolong kuat dengan penyanggah kayu hutan yang besar-besar.

Artikel Rekomendasi :   Mengenang Masa Kejayaan Kereta Api Belanda di Museum Kereta Api Ambarawa

curug laweJika merasa capek dan ingin beristirahat, kita bisa beristirahat dimanapun kita mau. Karena tidak ada tempat peristirahatan khusus di area ini. Di beberapa titik kita akan menjumpai air terjun mini yang merupakan aliran dari air terjun yang ada di atasnya. COcok sekali untuk berfoto-fot ria bersama teman.

Setelah berjibaku dengan berbagai rintangan saat perjalanan yang melelahkan, air terjun yang menjadi tujuan utama akan menghadang kita dengan segala keindahaannya. Menjulang tinggi yang mencapai kira 80 meter dengan deraskan air yang jatuh membuat seolah-olah “hujan abadi” menghiasi area ari terjun tersebut. Tebing sekeliling air terjun yang menjulang tinggu dengan tetesan air di beberapa titik tebing menambah keindahan yang luar biasa.

Artikel Rekomendasi :   Owabong Menjadi Ikon Wisata Air Terbesar di Jawa Tengah

Biaya tiket yang diwajibkan adalah Rp3.000,- per orang dan biaya parkir kendaraan Rp2.000,- per kendaraan. Jadi cukup dengan membayar Rp5.000,- per orang dan perjuangan untuk sampai ke air terjun. Rasa lelah akan terobati ketika sudah sampai di area air terjun yang luar biasa tersebut.

Album foto lebih banyak lagi

Dokumen : Misterje dan kawan-kawan (9 Mei 2013)

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.