Kekayaan Kebun Raya Baturaden, Banyumas

Kab. Banyumas : Kebun Raya Baturaden terletak di Desa Kemutuk Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas dan berada + 14 Km dari Kota Purwokerto, + 1,5 km dari gerbang utama Wana Wisata Baturaden. Kebun Raya Baturaden berada di kaki Gunung Slamet Petak 1 dan 3, RPH Baturaden, BKPH Gn. Slamet Barat KPH Banyumas Timur dibatasi sebelah utara Petak 4 dan 5 hutan produksi terbatas, sebalah barat petak 2 hutan produksi terbatas, sebelah selatan petak 1 lokawisata Baturaden dan bumi Perkemahaan, sebelah timur petak 6  hutan produksi terbatas. Topografi mulai landai sampai berbukit dengan kemiringan 20% s/d 70% dan ketinggian + 700-1076 dpl dengan jenis tanah umumnya jenis latosol berwarna merah kecoklatan.

Keadaan suhu Kebun Raya Baturaden berkisar antara 20-30 derajat Celcius dengan curah hujan sangat tinggi (5.000-6.174 mm/th). Kebun Raya adalah suatu tempat/wadah yang mempunyai fungsi utama sebagai lembaga konservasi yang melakukan usaha koleksi, pemeliharaan & penangkaran berbagai jenis tumbuhan dalam rangka membentuk & mengembangkan habitat baru, sebagai sarana perlindungan dan pelestarian alam dan dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi serta sarana rekreasi yang sehat.

Artikel Rekomendasi :   Wisata Pantai Di Kebumen Ini Cocok Untuk Wisata

Kebun Raya Baturaden kaya akan berbagai potensi flora sebagaimana fungsi Kebun Raya sebagai konservasi berbagai spesies tumbuhan. Jenis-jenis flora yang berada dalam kawasan Kebun Raya Baturaden yang telah diidentifikasi oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) adalah damar (Agathis borneensis), puspa (Schima wallichii), rasamala (Altingia excelsa), mahoni (Switenia macrophylla), kaliandra (Callyandra sp), paku-pakuan, kantong semar dan jenis-jenis anggrek. Jenis flora yang lainnya masih dalam identifikasi oleh LIPI sebagai yang bertanggung jawab dalam pengelolaan Kebun Raya di Indonesia. Adapun jenis-jenis flora berupa pepohonan yang dominan dapat ditemui adalah sbb :

Pohon Rengas (Gluta renghas)

Palem Piji (Nenga pumila

Jenis-jenis flora lain

Pohon Damar (Agathis borneensis)

Pohon Pinus (Pinus merkusii)

Rotan Manau (Calamus manan) 

Disamping mengidentifikasi jenis-jenis pohon yang ada di Kebun Raya Baturaden, LIPI telah melakukan persemaian guna pengkayaan berbagai jenis tanaman baik yang berasal dari kawasan Kebun Raya, maupun jenis tanaman yang tumbuh di Gunung Slamet. Bahkan pihak LIPI telah mengembangkan pengkayaan jenis tumbuhan yang berasal dari Kebun Raya Bogor, Kalimantan dan Sumatera. Beberapa jenis bibit pengkayaan tanaman Kebun Raya Baturaden yang sudah siap tanam sebanyak 269 species yang masuk dalam 69 family antara lain sebagaimana terlihat  pada photo berikut :

 

Kebun Raya Baturaden disamping kaya akan berbagai potensi flora juga terdapat jenis-jenis fauna yang hidup secara bebas. Berdasarkan hasil identifikasi sementara, terdapat jenis fauna seperti babi hutan, ayam hutan, kijang, kera, wau-wau, elang jawa, musang, ular dan jenis-jenis lainnya. Jenis-jenis fauna yang berada di kawasan Kebun Raya Baturaden tersebut menambah khasanah perbendaharaan potensi Kebun Raya Baturaden yang mungkin tidak dapat ditemui di Kebun Raya lainnya yang berada di Indonesia. Sebagian jenis fauna sebagaimana terlihat pada foto disamping.

 

Kebun Raya Baturaden berada sebelah utara Kota Purwokerto dengan jarak tempuh +14 Km dengan kondisi jalan beraspal.

Assesibilitas menuju Kebun Raya Baturaden cukup tinggi karena telah tersedianya jalan beraspal menuju obyek wisata pemandian air panas Baturaden dan obyek wisata lainnya.

Dalam kawasan Kebun Raya Baturaden sudah terdapat Selter sebagai tempat peristirahatan.

Obyek wisata sekitar Kebun Raya Baturaden merupakan obyek wisata yang telah lama dikenal masyarakat, baik masyarakat sekitar maupun oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Bahkan obyek wisata yang dikemas dalam paket Wisata Baturaden telah dikenal oleh masyarakat manca negara. Obyek wisata sekitar Kebun raya diantaranya adalah :

Obyek Wisata Sumber Air Panas Pancuran Tujuh Baturaden

Obyek wisata telaga sunyi Baturaden

 

Fasilitas rekreasi keluarga Baturaden

 

 

sumber : dinhut.jatengprov.go.id

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

2 Respon

  1. nana mandiriati berkata:

    data ketinggian kebun raya baturraden salah
    yang benar 700-1076 dpl mohon diralat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.