Budidaya dan Produk Olahan Bandeng Pati

ikan bandeng patiKab. Pati : Hasil tambak yang satu ini memang sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Ikan bandeng yang biasa dipakai untuk lauk makan yang murah tapi meriah. Jenis ikan yang satu ini memang sangat disenangi oleh ibu-ibu dalam membuat lauk pauk teman makan nasi. Bahkan setiap acara besar, misalkan syukuran, keberadaan ikan yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi, pasti menjadi pilihan utama untuk kelengkapan menu. Keadaan ini mayoritas terjadi di daerah kabupaten Pati sendiri dan daerah-daerah lain sekitar Pati.

Di daerah Pati sendiri, lokasi budidaya ikan bandeng tersebar di sepanjang pantai kabupaten Pati. Mulai dari kawasan tambak Juwana, trangkil, tayu, dan dukuhseti. Mayoritas warga yang bertempat tinggal di daerah tersebut berprofesi sebagai petani tambak yang menghasilkan ikan bandeng. Dari beberapa daerah di Pati tersebut, kualitas hasil ikan bandeng yang dihasilkan juga berbeda-beda. Kualitas ini terutama menyangkut rasa dari ikan bandeng tersebut. Menurut beberapa pendapat orang dari Pati dan luar daerah, kualitas ikan bandeng dari Pati yang paling bagus adalah dari bagian utara atau dari daerah Dukuhseti dan Tayu. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan tanah yang ada di tambak tempat budidaya ikan bandeng. Tanah yang ada di daerah Dukuhseti dan Tayu mengandung zat kapur yang tidak tinggi, sehingga rasa daging ikan bandeng terasa lebih enak dibandingkan daerah Trangkil dan Juwana yang memiliki kadar zat kapur dalam tanah lebih tinggi. Tetapi rasa ikan bandeng di Pati sendiri tidak sangat bisa diandalkan dari semua daerah pertanian ikan bandeng.

Artikel Rekomendasi :   Musim Kerang Laut "Bukur" di Kabupaten Pati

bandeng presto pati

Waktu yang dibutuhkan untuk budidaya ikan bandeng dari kecil sampai siap panek kurang lebih 6 bulan. Satu bulan pertama pembenihan sampai berumur 1 bulan yang kemudian dipindahkan untuk pembesaran selama maksimal 5 bulan. Dalam waktu budidaya tersebut perlu adanya sirkulasi air yang bagus dari laut dan sungai serta persediaan makan ikan bandeng yang tercukupi.

bandeng cabut duri pati

Panen ikan bandeng biasanya dilakukan secara langsung ketika hendak dijual. Jadi kualitas ikan segar dapat dipertahankan. Beberapa tempat menjual hasil panen ikan bandeng adalah Pasar Tayu yang buka pada jam 21.00 – 04.00 WIB (untuk pasar ikannya) dan pasar Juwana yang buka pada pagi hari dan malem hari. Kedua pasar ini biasanya ramai dikunjungi orang-orang yang lalu lalang mencari barang dagangan seperti ikan bandeng.

Artikel Rekomendasi :   Produksi Terasi Jembret Khas Pati

otak-otak bandeng pati

Produk olahan khas ikan bandeng sendiri di daerah Pati tergolong lengkap. Mulai dari olahan yang terkenal sampai keman-mana yaitu bandeng presto dan bandeng cabut duri. Selain itu juga ada gerih bandeng dan otak-otak bandeng. Semua itu dikerjakan oleh warga sekitar dan menjadi khas dari daerah Pati. Beberapa toko juga mneyediakan produk olahan tersebut untuk diperjajakan. Produk-produk ini biasa digunakan sebagai oleh-oleh keluar daerah.

Daerah Pati memang potensial sebagai budidaya ikan bandeng yang enak dan segar.

{jcomments on}

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.