Festival Perahu Naga Akan Memberikan Kemeriahan di Akhir Bulan Maret 2013

perahu nagaKab. Cilacap : Hari jadi kota merupakan suatu peristiwa yang dihormati oleh masyarakat yang berada didalamnya. Perayaan untuk memperingati hari jadi kota juga diisi dengan berbagai kegiatan yang mengandung unsur kebersamaan masyarakat didalamnya. Festival atau pagelaran seni dan budaya khas/lokal sering menghiasi event tersebut. Hal ini dimaksudkan untuk memakmurkan seni dan budaya yang mereka miliki dan membuat kebudayaan tersebut tetap dikenal dan lebih dikembangkan oleh generasi penerusnya. Seperti peristiwa perayaan hari jadi kota Cilacap berikut ini. Perayaan akan dihiasi oleh festival yang sangat menjunjung tinggi ciri khas daerah dan kebersamaan masyarakatnya. Festival yang menyertai perayaan hari jadi kota Cilacap tersebut disebut dengan Festival Perahu Naga atau Cilacap Dragon Boat Race yang dilaksanakan di Pantai Teluk Penyu Beach.

Artikel Rekomendasi :   Nuansa Belanda di Kota Lama Semarang

Festival ini merupakan bagian dari peningkatan potensi kepariwisataan kabupaten Cilacap. Festival Perahu Naga rutin diselenggarakan setiap tahunnya yang menjadi program tahunan dari Dinas Pariwisata Cilacap dan kerjasama dengan Pengurus Cabang PODSI Cilacap. Melalui fastival ini, tidak hanya pelestarian budaya saja yang akan diperoleh. Cikal bakal bakat masyarakat generasi muda dalam hal olahraga dayung yang kerap menghasilkan penghargaan di berbagai kejuaraan nasional maupun internasional.

Pada tahun 2013, festival ini masuk dalam daftar kalender Visit Jawa Tengah 2013 yang diprakarsai oleh pemerintah Jawa Tengah. Peningkatan potensi kepariwisataan tersebut tidak luput dari peran serta seluruh masyarakat dan pemerintah dalam merajut langkah memajukan potensi pariwisata di Jawa Tengah. Melalui kegiatan Festival Perahu Naga dengan dukungan gerakan Visit Jawa Tengah 2013 ini diharapakan kualitas pariwisata di Cilacap khusunya dan di Jawa Tengah umumnya lebih meningkat dan berperan terhadap kemakmuran masyarakat.

Event yang akan diselenggarakan pada tanggal 24 Maret 2013 s.d. 25 Maret 2013 ini akan diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai daerah. Tidak hanya peserta dari daerah Cilacap sendiri tetapi dari daerah lain yang ada di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta, dan lain-lain akan ikut memeriahkan Festival Perahu Naga dipenghujung bulan Maret 2013 nanti.

Jadwal event akan dilaksanakan pada tanggal 24 Maret 2013 s.d. 25 Maret 2013 dan berada di Pantai Teluk Penyu Beach, Kabupaten Cilacap. Jika Anda ingin menikmati kemeriahan di akhir bulan Maret ini, silahkan berkunjung ke Cilacap, tepatnya di Pantai Teluk Penyu Beach pada jadwal di atas.

Sumber : Visit Jawa Tengah

Sumber gambar : goindonesia.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.