Festival Unik Dengan Durian Di Desa Lolong Pekalongan

festival durian lolong pekalonganKab. Pekalongan : Sebuah festival pasti menyuguhkan sesuatu yang ramai dan unik. Festival yang digelar oleh beberapa daerah sebagai tradisi suatu peringatan tertentu. Keneriahan dan keunikan yang disuguhkan dari masing-masing festival yang diadakan juga sangatlah beragam, berbeda-beda dari masing-masing daerah yang mengangkatnya. Ciri khas festival yang disuguhkan biasanya membawa karakteristik daerah tersebut. Seperti halnya fastival yang satu ini, festival yang mengangkat khas daerah asalnya. Festival Durian Lolong Pekalongan yang berasala dari desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kbaupaten Pekalongan. Sesuai dengan namanya, festival ini memuat hasil pertanian dan perkebunan berupa buah durian yang menajdi unggulan dari daerah ini.

Memang tidak diragukan lagi bahwa desa Lolong adalah penghasil buah durian yang terkenal dengan rasa yang khas dan jarang dijumpai di daerah lain. Sebagai sentra penghasil durian lokal yang berkualitas unggul, daerah ini mengadakan sebuah festival yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya, tepatnya setiap musim durian. Festival ini sudah berlangsung sejak dulu dengan partisipan yang bersifat kerjasama antara pemerintah daerah dengan warga daerah. Festival ini dijadikan suatu bentuk rasa syukur atas hasil pertanian dan perkebunan durian yang melimpah dan berkarateristik dan dijadikan sebagai agenda rutin tahunan daerah setempat.

Artikel Rekomendasi :   Bukit Lerep Indah, Kolam Renang Segar Di Ungaran

Sebagai salah satu daerah penghasil durian unggul, di wilayah ini dibuatlah sebuah tugu yang melambangkan keadaan tersebut. Sebuah tugu berbentuk durian yang besar dijadikan landmark daerah tersebut. Tugu tersebut diletakkan di perempatan Kecamatan Karanganyar. Tidak hanya itu, patung durian juga ikut menghiasi landmark tersebut di setiap gapura-gapura di sepanjang jalan menuju Desa Lolong.festival durian lolong pekalongan

Acara yang mengisi kemeriahan Festival Durian ini sangatlah bereagam. Dimulai dari acara Selamatan Petik Durian kemudian dilanjutkan dengan Kontes Durian Unggul, dan biasanya diakhiri dengan acara yang paling ditunggu oleh semua orang penggemar durian, yaitu Ken-Duri Durian atau yang lebih dikenal dengan makan durian bersama-sama sepuanya.

Artikel Rekomendasi :   Agrowisata Belimbing dan Jambu Delima Demak

Tujuan utama dari festival yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini adalah untuk mempromosikan keunggulan durian Pekalongan dengan memperkuat julukan The King of Tropical Fruit. Melalui berbagai bentuk kehormatan melalui festival tersebut, semangat masyarakat untuk terus melestarikan dan mengembangkan tradisi durian lokal yang unggul akan semakin mneingkat. Dengan begitu, daya saing durian lokal akan mengalami peningkatan yang optimal dan dapat digunakan untuk mensejahterakan rakyat.

Acara Festival Durian ini juga ikut memeriahkan acara Visit Jawa Tengah tahun 2013 yang dimaksudkan untun meningkatkan kualitans pariwisata Jawa Tengah. Adapun acara ini pada tahun 2013 diselenggarakan mulain tanggal 3  Februari sampai dengan 10 Februari 2013. Adapun agenda festival yang akan memeriahkan Festival Durian ini adalah sebagai berikut:

  • Minggu, 3 Februari 2013 pukul 09.00 : Pembukaan Festival Durian Lolong 2013 dengan diisi acara dangdut rege dan bazar.
  • Senin, 4 Februari 2013 : Marawis El Fata dan Bazar
  • Selasa, 5 Februari 2013 : Lomba Memancing dan Bazar
  • Rabu, 6 Februari 2013 : Lomba Marawis dan Bazar
  • Kamis, 7 Februari 2013 : Musik Organ Tunggal dan Bazar
  • Jum’at, 8 Februari 2013 : Lomba Mewarnai dan Bazar
  • Sabtu, 9 Februari 2013 : Orkes Melayu dan Bazar
  • Minggu, 10 Februari 2013 : Kontens Durian dan Pesta Durian
Artikel Rekomendasi :   Pesona Taman Balekambang Solo Kental Nuansa Edukatif

Suatu kebanggaan tersebdiri untuk menghadiri festival tersebut. Kebanggan Jawa Tengah yang memiliki wilayah yang berpotensi sebagai ladang peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jika Anda ingin berkunjung ke Festival Durian ini dan menikmati kemeriahan festival tersebut, berkunjunglah ke desa Lolong, Kecamatan Karang Anyar, Kabupaten Pekalongan. Untuk informasi lebih lanjut tentang acara tersebut, dapat menghubungi panitia penyelenggara di 081 903 635 879 (a.n. Eko Kumaidi) atau 085727373046 (a.n. Kasiam SInaga).

Sumber : tribunnews.com ; wisata.kompasiana.com ; beritadaerah.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.