Kategori: Kuliner

Fasilitas Dan Oleh-Oleh Sama Uniknya

Kab. Semarang: Setelah mengulas tentang pesona keindahan dan mitos yang beredar di objek wisata Bukit Cinta, sekarang saatnya kita tinggalkan sejenak ulasan tersebut, kita beralih ke ulasan mengenai dekorasi dan fasilitas serta oleh-oleh khas objek wisata Bukit Cinta yang ada di objek wisata Bukit Cinta. Dekorasi atau bangunan di objek wisata Bukit Cinta mengadopsi cerita legenda terjadinya Rawa Pening, apakah ada yang tahu tentang cerita terjadinya Rawa Pening???. Benar sekali, ceritanya adalah mengenai seekor ular yang rela menunggu sampai badannya dapat melingkari sebuah gunung untuk mendapatkan pengakuan sebagai anak. Ketika sudah hampir sampai, ular tersebut dibunuh/dipotong, sehingga tidak kesampaian (intinya seperti itu). Seperti itu juga dekorasi di objek wisata Bukit Cinta, bangunan menyerupai ular yang sangat besar berusaha “melingkari” objek wisata Bukit Cinta, kepala dan ekornya hampir bersentuhan, tetapi tidak kesamapaian. “Kepala Ular” yang terbuka lebar dari bangunan tersebut difungsikan sebagai pembelian tiket masuk ke area objek wisata Bukit Cinta dan di seberang “kepala ular” yang terbuka tersebut terlihat “ekornya” yang berdiri. Jadi pengunjung akan masuk ke “kepala ular” besar yang menganga tersebut untuk membeli tiket masuk.

Ekor “Ular” terlihat dari area parkir Bukit Cinta

Selain dekorasi yang unik, objek wisata Bukit Cinta juga menyuguhkan pemandangan Rawa Pening yang indah. Tak hanya itu saja, di objek wisata Bukit Cinta juga menyediakan wahana air,  dari mulai perahu motor sampai perahu dayung. Untuk sewa fasilitas perahu motor dapat dinikmati pengunjung dengan biaya Rp40.000,- /6 orang selama 30 menit. Selain menikmati wahana air dengan berkeliling menjelajahi Rawa Pening dengan perahu motor, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dari atas bukit yang dilengkapi dengan taman dan aksesorisnya, seperti: tempat duduk, gazebo, taman bermain anak, jalan setapak untuk jalan kaki, dan banyak lagi yang lainnya. Jika lapar, ada beberapa warung yang tersedia di dalam area taman objek wisata Bukit Cinta, jadi pengunjung tidak perlu turun dari bukit lagi untuk membeli makanan.

Salah satu perahu motor sewa penjelajahan rute wahana air

Artikel Terkait

Selain pemandangan dan wisata air, di sekitar area objek wisata Bukit Cinta juga terdapat makanan khas daerah Banyubiru yang dapat dijadikan oleh-oleh, seperti: keripik wader, keripik udang, keripik belut, dan masih banyak lagi. Unik memang dan tidak dapat dijumpai disembarang tempat. Dan yang paling asyik adalah kalau keripik ini masih dalam keadaan fresh alias masih segar, rasanya lebih “mak nyuss”. Ibu-ibu (pedagang) yang jualan itu menggoreng keripik tersebut di depan kios mereka, jadi kita bisa melihat bagaimana cara membuat keripik ini secara langsung. Dan jika ingin melihat bahan bakunya yang masih mentah, dipersilahkan dengan senang hati. Harga yang dipatok untuk masing-masing keripik bervariatif dan masih tergolong murah. Untuk keripik ikan mujair, udang, ikan wader dipatok dengan harga mulai Rp60.000,- /kg. Selain makanan, di area objek wisata Bukit Cinta juga ada berbagai macam souvenir dari water hyacinth atau (lupa namanya) yang keren abis. Produk kerajinan tangan dari enceng gondog mulai dari tas, sandal, sampai dengan topi dipajang berjejeran di sepanjang kios-kios pusat oleh-oleh objek wisata Bukit Cinta. Kisaran harga sandal mulai Rp12.500,- sampai Rp20.000,- dan untuk tas kisaran Rp20.000,- sampai Rp100.000,-. Semua barang dibuat dan dikerjakan oleh tangan-tangan terampil warga sekitar.

Keripik wader, salah satu oleh-oleh khas dari Bukit Cinta

Silahkan bagi warga lokal, silahkan berkunjung ke objek wisata Bukit Cinta Banyubiru, Ungaran, Jawa Tengah. Pasti akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan tidak akan menyesal. Mau pacaran, bareng temen-temen, atau keluarga tetap asyik kok di objek wisata Bukit Cinta. Ayo support wisata local untuk mengenal lebih dekat Jawa Tengah.

ALAMAT DAN BIAYA MASUK OBJEK WISATA BUKIT CINTA BANYUBIRU >>>

Gallery
Bustail Efendi

Graphic Desainer, suka musik, foto, makan, dan jalan-jalan. masih tercatat sebagai mahasiwa IT di semarang, blogger yg jarang nulis dan #Alkhidmah lover

Bagikan
Published by
Bustail Efendi

Artikel Terbaru

Cemoeh, Minuman Yang Anget Dan Alami Khas Pati

Kab. Pati : Cemoeh, begitulah masyarakat Kabupaten Pati menyebut minuman khas nan alami ini. Minuman…

1 tahun ago

Curug Kidang, Keindahan Alam Yang Lama Tersembunyi Di Pemalang

Kab. Pemalang – Sebuah keindahan alam yang lama tersebunyi dari kalayak ramai. Sebuah keindahan air…

1 tahun ago

Curug Cantel Bumijawa Tegal yang Indah dan Menantang

Kab. Tegal: Untuk kalian penggemar travelling sepertinya perlu mengunjungi salah satu curug yang ada di…

1 tahun ago

Pesona Taman Balekambang Solo Kental Nuansa Edukatif

Kota Surakarta: Tempat wisata di Solo tidak terbatas pada objek wisata bernuansa budaya saja. Banyak…

1 tahun ago

7 Objek Wisata Puncak Di Purbalingga Paling Instagramable

Kab. Purbalingga: Mencari tempat wisata yang lagi hits di Purbalingga sekarang tidak sulit lagi. Ada…

1 tahun ago

Wayang Golek Cepak Tegalan, Pementasan Berpetuah

Kab. Tegal - Kabupaten Tegal tidak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak destinasi wisata dan…

2 tahun ago