Desa Wisata Candirejo, Magelang

desa wisata candirejoKab. Magelang : Kabupaten Magelang menyimpan berbagai potensi yang selayaknya dikembangkan untuk kemajuan daerah. Potensi yang ada di kabupaten Magelang tidak terfokus pada satu lokasi saja, melainkan tersebar hampir ke semua wilayah kabupaten Magelang. Mulai dari potensi wisata ekstrim, kuliner unik, sampai wisata yang berwujud religi. Semua itu tersebar ke seluruh wilayah kabupaten Magelang. Salah satu tempat yang menjadi titik tujuan wisata di Magelang karena potensinya adalah desa Candirejo. Desa Candirejo terletak di Borobudur, Magelang. Dengan berbagai potensi yang dimiliki, membuat desa ini layak untuk dikembangkan dan dipublikasi ke masyarakat umum sebagai destinasi wisata yang menarik.

Beberapa daya tarik wisata yang dimiliki desa Candirejo tidak lepas dari keberadaan dan keberagaman masyarakat desa Candirejo. Upacara adat desa menjadi daya tarik yang utama dari desa Candirejo yang dinamakan Nyadran ini dilaksanakan setahun sekali sebelum bulan puasa (Ramadhan) di sebuah tempat yang disebut gunung Mijil. Selain Nyadran, terdapat pula upacara adat yang rutin dilakukan setahun sekali di bulan lainnya, seperti Saparan dan Perti Desa.

Artikel Rekomendasi :   Lapangan Pancasila Salatiga, Tempat Menarik dan Bersejarah

desa wisata candirejo

Sedekah bumi atau selamatan desa menjadi ajang untuk menikmati berbagai kuliner khas desa Candirejo dan arak-arakan khas desa. Beberapa ciri khas yang menghiasi acara ini antara lain keberadaan Nasi Gurih, Golong Milang Dusun, Nasi Golong, Larakan, dan Golong Kencana. Semua itu dapat dinikmati dalam waktu yang bersamaan saat acara sedekah bumi dilakukan.

Kesenian tradisional juga tidak kalah penting dalam menghiasi potensi wisata di desa Candirejo. Seni tari Jathilan yang melegenda dengan iringan musik tradisional Karawitan menjadi sebuah tontonan yang menarik untuk disimak. Nuansa perjuangan dan kehidupan masyarakat pada masa pendudukan Belanda akan dapat dirasakan dalam seni tari tersebut.

desa wisata candirejo

Sebagai bentuk oleh-oleh khas desa Candirejo, berbagai kerajinan dari bahan daun Pandan dapat dijadikan tujuan oleh-oleh khas. Terdapat di daerah pegunungan Menoreh dengan bahan yang dibudidayakan di tempat itu juga. Selain itu, kerajinan dari pohon bambu juga menghiasi khas oleh-oleh desa Candirejo. Bentu dan ukuran yang variatif membuat pengunjung dapat menentukan pilihan yang sesuai dengan kemampuannya.

Artikel Rekomendasi :   Mari Menapakkan Jejak Di Hutan Mangrove Karimun Jawa

Dan yang paling unik di sini adalah keberadaan akomodasi tempat penginapan yang memegang dan mempertahankan kebudayaan asli daerah. Tidak akan menjumpai hotel bertingkat dengan bangunan modern di sini. Akomodasi tempat tinggal yang disediakan berupa pondok rumah dengan model masa lalu atau kuno.

Tertarik dengan desa wisata Candirejo, silahkan hubungi bagian informasi dari desa wisata Candirejo.

  • Koperasi Desa Wisata Candirejo
  • Sangen, Candirejo, Borobudur, Magelang
  • Jawa Tengah, Indonesia 56553
  • Telepon: +62(293)788608
  • Telepon Seluler: (+62)8175414855 [Nama kontak: Ian], 
  • (+62)81328808520 [Nama kontak: Tatag]

Sumber : central-java-tourism.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.