Kategori: Kuliner

Kesegaran Dawet Ayu dari Banjarnegara

Kab. Banjarnegara : Kabupaten Banjarnegara terletak di sekitar kabupaten Purwokerto dan kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kabupaten Banjarnegara memiliki iklim pegunungan yang sejuk dan segar dengan keadaan alam yang masih alami. Berbagai tempat wisata menarik berbasis alam dapat dinikmati di sana. Tetapi ternyata bukan hanya tempat wisata alam yang menarik dan berbasis alam yang dapat ditemui di sana. Ada salah satu kuliner khas Banjarnegara yang sudah melang-lang Indonesia. Dawet Ayu, begitulah masyarakat sekitar dan orang daerah lain mengenalnya. Kuliner ini berupa minuman yang dicampur dengan cendol, santan, gula jawa, dan lain-lain. Dengan sentuhan masyarakat asli Banjarnegara akan memberikan rasa yang khas dari daerah Banjarnegara.

Sekarang, Dawet Ayu memang sudah banyak ditemui di daerah lain. Hal ini dikarenakan masyarakat asli Banjarnegara yang merantau dan mengembangkan kuliner ini di daerah rantau. Dan ternyata tanggapan pembeli terhadap Dawet Ayu memang bagus dan enak.

Dawet Ayu menjadi minuman betipe dawet yang populer di Indonesia. Hampir semua daerah luar Banjarnegara mengenal kuliner yang satu ini. Dan soal rasa memang tidak diragukan lagi. Dengan kombinasi yang pas dari bahan-bahan dan dikerjakan oleh masyarakat asli Banjarnegara pasti akan membawa rasa yang pas juga.

Artikel Terkait

Dawet Ayu biasanya dijajakan keliling oleh masyarakat di Banjarnegara. Tetapi tidak jarang juga yang menyediakan kios khusus seperti rumah makan untuk berjualan Dawet Ayu. Proses penjualan di daerah lain pun tidak jauh beda. Ada yang menjajakan berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lainnya, ada juga yang menyediakan kios khusus yang berjualan.

Jika berkunjung ke Banjarnegara jangan pernah melewatkan kenikmatan Dawet Ayu yang khas Banjarnegara. Untuk harga sendiri merakyat, berkisar antara Rp2.000,- sampai dengan Rp4.000,-.

Dawet Ayu dapat disajikan dengan tambahan es sebagai pendingin atauoun tanpa es bagi yang berselera pasa atau hangat. Tinggal bilang kepada penjualnya saja.

Tempat berjualan Dawet Ayu hampir ada di setiap lokasi di daerah Banjarnegara. Jadi tidak perlu kuatir tidak akan menemukan penjual Dawet Ayu di Banjarnegara.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan
Published by
Juri Setyanto

Artikel Terbaru

Cemoeh, Minuman Yang Anget Dan Alami Khas Pati

Kab. Pati : Cemoeh, begitulah masyarakat Kabupaten Pati menyebut minuman khas nan alami ini. Minuman…

1 tahun ago

Curug Kidang, Keindahan Alam Yang Lama Tersembunyi Di Pemalang

Kab. Pemalang – Sebuah keindahan alam yang lama tersebunyi dari kalayak ramai. Sebuah keindahan air…

1 tahun ago

Curug Cantel Bumijawa Tegal yang Indah dan Menantang

Kab. Tegal: Untuk kalian penggemar travelling sepertinya perlu mengunjungi salah satu curug yang ada di…

1 tahun ago

Pesona Taman Balekambang Solo Kental Nuansa Edukatif

Kota Surakarta: Tempat wisata di Solo tidak terbatas pada objek wisata bernuansa budaya saja. Banyak…

1 tahun ago

7 Objek Wisata Puncak Di Purbalingga Paling Instagramable

Kab. Purbalingga: Mencari tempat wisata yang lagi hits di Purbalingga sekarang tidak sulit lagi. Ada…

1 tahun ago

Wayang Golek Cepak Tegalan, Pementasan Berpetuah

Kab. Tegal - Kabupaten Tegal tidak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak destinasi wisata dan…

2 tahun ago