Kesegaran Dawet Ayu dari Banjarnegara

dawet ayu banjarnegaraKab. Banjarnegara : Kabupaten Banjarnegara terletak di sekitar kabupaten Purwokerto dan kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Kabupaten Banjarnegara memiliki iklim pegunungan yang sejuk dan segar dengan keadaan alam yang masih alami. Berbagai tempat wisata menarik berbasis alam dapat dinikmati di sana. Tetapi ternyata bukan hanya tempat wisata alam yang menarik dan berbasis alam yang dapat ditemui di sana. Ada salah satu kuliner khas Banjarnegara yang sudah melang-lang Indonesia. Dawet Ayu, begitulah masyarakat sekitar dan orang daerah lain mengenalnya. Kuliner ini berupa minuman yang dicampur dengan cendol, santan, gula jawa, dan lain-lain. Dengan sentuhan masyarakat asli Banjarnegara akan memberikan rasa yang khas dari daerah Banjarnegara.

Artikel Rekomendasi :   Hangatnya Wedang Ronde Semarang

Sekarang, Dawet Ayu memang sudah banyak ditemui di daerah lain. Hal ini dikarenakan masyarakat asli Banjarnegara yang merantau dan mengembangkan kuliner ini di daerah rantau. Dan ternyata tanggapan pembeli terhadap Dawet Ayu memang bagus dan enak.

Dawet Ayu

Dawet Ayu menjadi minuman betipe dawet yang populer di Indonesia. Hampir semua daerah luar Banjarnegara mengenal kuliner yang satu ini. Dan soal rasa memang tidak diragukan lagi. Dengan kombinasi yang pas dari bahan-bahan dan dikerjakan oleh masyarakat asli Banjarnegara pasti akan membawa rasa yang pas juga.

dawet ayu

Dawet Ayu biasanya dijajakan keliling oleh masyarakat di Banjarnegara. Tetapi tidak jarang juga yang menyediakan kios khusus seperti rumah makan untuk berjualan Dawet Ayu. Proses penjualan di daerah lain pun tidak jauh beda. Ada yang menjajakan berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lainnya, ada juga yang menyediakan kios khusus yang berjualan.

Artikel Rekomendasi :   Soto Sukaraja Saus Kacang, Kenikmatan Soto Dari Banyumas

Jika berkunjung ke Banjarnegara jangan pernah melewatkan kenikmatan Dawet Ayu yang khas Banjarnegara. Untuk harga sendiri merakyat, berkisar antara Rp2.000,- sampai dengan Rp4.000,-.

dawet ayu

Dawet Ayu dapat disajikan dengan tambahan es sebagai pendingin atauoun tanpa es bagi yang berselera pasa atau hangat. Tinggal bilang kepada penjualnya saja.

Tempat berjualan Dawet Ayu hampir ada di setiap lokasi di daerah Banjarnegara. Jadi tidak perlu kuatir tidak akan menemukan penjual Dawet Ayu di Banjarnegara.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.