Curug Trocoh, Wisata Alam Air Terjun di Dataran Tinggi Temanggung

Kab. Temanggung: Kabupaten yang bersebelahan dengan kabupaten Banjarnegara ini memiliki kondisi geografis yang sangat dipengaruhi oleh dua gunung besar di Jawa Tengah. Kabupaten Temanggung terletak di lereng gunung Sindoro dan gunung Sumbing yang menjulang tinggi di Jawa Tengah. Kabupaten temanggung memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik dan layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah obyek wisata alam air terjun. Air terjun yang terkenal di Temanggung salah satunya adalah Curug Trocoh yang berada di dataran tinggi Temanggung. Berikut adalah review mengani tempat tersebut dari berbagai sumber.

Curug Trocoh juga dikenal oleh warga Temanggung sebagai Curug Surodipo yang erat hubungannya dengan sejarah rencana perang gerilya Pangeran Diponegoro pada jaman penjajahan Belanda. Curug Trocoh atau Curug Surodipo memiliki keisitmewaan berupa terjunan bertingkat sampai lima kali dengan tinggi masing-masing berjarak kurang lebih 20 meter. Air terjun Trocoh atau Air terjun Surodipo memiliki ketinggian kurang lebih 120 meter yang selalu mengeluarkan air dan tidak pernah kering. Meskipun musim kemarau, air terjun di dataran tinggi Temanggung ini tidak pernah kering, apalagi pada musim penghujan pasti airnya akan sangat melimpah.

Artikel Rekomendasi :   Bukit Lerep Indah, Kolam Renang Segar Di Ungaran
View Curug Trocoh

View Curug Trocoh

Lokasi air terjun yang dikelilingin setengah lingkaran berupa tebing bebatuan yang indah seakan membentuk relief eksotis dengan ditumbuhi pula berbagai tumbuhan besar di tebian tebingnya. Beberapa bebatuan alam besar yang berada di ujung bawah air terjun dapat dimanfaatkan pengunjung yang datang untuk bersantai diatasnya sembari membiarkan sapuan air dari percikan air terjun yang jatuh membasahi tubuh.

Tidak hanya keindahan air terjun Trocoh saja yang dapat dinikmati oleh pengunjung, keindahan alam sekitar yang dapat menjadi media rileksasi yang tepat untuk menghilangkan kepenatan yang dirasakan oleh tubuh. Pemandangan luas dataran di bawah juga dapat dilihat oleh pengunjung yang berjalan menuju lokasi air terjun berada. Sangat menantang dan indah sekali perjalanan menuju lokasi Curug Trocoh/Curug Surodipo.

view Curug Trocoh

view Curug Trocoh

Curug Trocoh atau Curug Surodipo adalah obyek wisata air terjun di dataran tinggi Temanggung yang berada di Desa Tawangsari, Kecamatan Tretep/Wonoboyo, Kabupaten Temanggung. Lokasi ini berada 38 KM arah timur laut dari pusat kota Temanggung menuju kecamatan Tretep/Wonoboyo. Setelah sampai di kecamatan Wonoboyo akan dilanjutkan menuju desa Tawangsari sekitar 7 KM dengan jalan sedikit berbatu. Setelah sampai di desa Tawangsari akan dilanjutkan menuju ke lokasi air terjun dengan menelusuri jalan setapak sejauh 3 KM. Belum adanya fasilitas parker kendaraan membuat beberapa pengunjung yang membawa kendaraan harus menitipkan kendaraan mereka ke rumah warga sekitar.

Alamat Curug Trocoh / Curug Surodipo

Desa Tawangsari, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Artikel Rekomendasi :   Pantai Nampu, Pesona Keindahan Pantai Wonogiri

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.