Curug Kidang, Keindahan Alam Yang Lama Tersembunyi Di Pemalang

Kab. Pemalang – Sebuah keindahan alam yang lama tersebunyi dari kalayak ramai. Sebuah keindahan air terjun yang menjulang tinggi dengan derasnya air yang menuruninya. Kini, tempat nan indah itu sudah mulai menampakkan pesonanya dan memanjakan rasa pengunjungnya. Curug Kidang, itulah nama yang selalu disebut-sebut oleh masyarakat sekitar keindahan alam ini berada.

Sebuah keindahan alam sebaiknya jangan terus disembunyikan. Biarkan orang-orang tahu dan menikmati keindahannya. Agar mereka dapat bersyukur akan keindahan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Biarkan mereka menjelajahi dan menikmati jengkal-demi-jengkal keindahan Curug Kidang yang mempesona. Mereka akan ditemani dengan terpeliharanya alam sekitar yang masih bersih ala alam.

Medan yang menantang akan membuat jiwa mereka yang datang merasa lebih penasaran dan bertanya-tanya. Sebenarnya seperti apa keindahan Curug Kidang itu, sampai-sampai saya rela menempuh medan seperti ini?

Keindahan Curug Kidang yang Masih Tesembunyi

Curug Kidang adalah sebuah air terjun yang berada di wilayah Kabupaten Pemalang. Curug ini belum begitu dikenal oleh orang seperti beberapa curug lainnya. Tidak begitu diketahui apa sebabnya tempat yang indah ini tidak ramai dikunjungi orang. Mungkin karena lokasinya yang cukup membutuhkan nyali dan tenaga untuk sampai dihadapannya.

Artikel Rekomendasi :   Berkunjung Ke Pagoda Avalokistevara Semarang

Namun belakangan ini, keindahan Curug Kidang yang tersembunyi mulai tampak pesonanya. Ekplorasi keindahan alam oleh masyarakat sekitar mulai merambahnya. Singkat kata, Curug Kidang kini sudah cukup ramai dikunjungi warga sekitar.

Keadaan ini tidak terlepas dari peran penting warga yang tinggal satu wilayah dengan air terjun ini. Mereka berusaha membuka akses jalan menuju lokasi air terjun. Kemudian menyiapkan beberapa fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Tujuannya mereka Cuma satu, yaitu ingin menjadikan Curug Kidang sebagai salah satu objek wisata di Pemalang. Dengan menjadikan air terjun ini sebagai tempat wisata, harapan mereka dapat meningkatkan hasil ekonomi warga di sana.

Lokasi Curug Kidang Pemalang

Lokasi air terjun ini berada di sebuah bukit berjurang dengan ketinggian kurang lebih 40 meter. Secara administratif air terjun ini berada di 2 wilayah kecamatan.

Lokasi pertama berada di Desa Pedagung, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang. Dan yang kedua berada di Desa Bodas, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

Lokasinya berjarak kurang lebih 30 KM dari pusat Kota Pemalang kea rah Kecamatan Bantarbolang. Akses dari pusat kota Pemalang menuju pemberhentian di Desa Pedagung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Artikel Rekomendasi :   Tempat Wisata Pantai Logending Di Kebumen Nan Elok

Rute Paling Direkomendasikan

Dari berbagai rekomendasi pengunjung yang pernah ke lokasi, ada 2 jalur yang dapat dilewati untuk sampai ke Air Terjun Kidang Pemalang.

Rute pertama melalui Kecamatan Bantarbolang. Ini adalah rute yang paling direkomendasikan.

Dari Kota Pemalang kalian menuju Pasar Bantarbolang. Setelah sampai di Pasar Bantarbolang, kalian arahkan tujuan ke Kelurahan Bodas. Jarak tempuh kurang lebih 15 KM dengan jalan yang cukup bagus untuk kendaraan bermotor.

Setelah memasuki wilayah Kelurahan Bodas, kalian akan melihat beberapa penanda arah ke Air Terjun Kidang. Silahkan ikuti penanda tersebut atau jika masih bingung bisa tanya ke warga sekitar. Kalian akan ditunjukkan arahnya.

Karena lokasi air terjun berseberangan dengan lokasi pemberhentian, kalian harus parkir kendaraan di tempat yang telah disediakan atau di rumah warga yang menyediakan parkiran.

Perjalanan dilanjutkan dengan tracking menuruni jurang yang cukup terjal. Harus berhati-hati karena keadaan jalan masih belum tertata sempurna dan keamanannya masih minim.

Rute kedua melalui Ampelgading dan Kecamatan Bodeh. Tetapi jalur ini tidak cukup direkomendasikan, terutama pada musim penghujan. Karena keadaan jalan akan sangat licin dan melewati hutan yang masih lebat.

Jadi untuk rute menuju Curug Kidang sebaiknya melalui rute pertama saja, yaitu melalui Kecamatan Bantarbolang.

Artikel Rekomendasi :   Sejuknya Udara Hutan Pinus di Kawasan Hutan Wisata Sreni Indah Jepara

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di area Curug Kidang masih terbilang minim. Hanya ada beberapa tempat sampah yang disediakan oleh warga. Untuk tempat parkir, beberapa sudah disediakan dan alternatif lain dengan parkir di rumah warga yang diperbolehkan.

Himbauan untuk menjaga kebersihan dan tidak merusak alam sangat ditekankan disini. Jadi untuk kalian yang datang ke sana tolong ditaati ya himbauannya.

Tiket Masuk Air Terjun Kidang

Tiket masuk belum ada, hanya biaya parkir saja sekitar Rp3.000,- sampai Rp5.000,- per kendaraan.

Tetapi untuk waktu kedepannya mungkin akan dikenakan tarif tiket masuk jika lokasi ini sudah dikembangkan dengan berbagai fasilitasnya.

Waktu Paling Tepat untuk Berkunjung

Kami rekomendasikan waktu paling tepat untuk berkunjung adalah bulan Oktober – November dan bulan Mei – Juli.

Di waktu-waktu itu debit air tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Dan lagi akses jalan juga cukup mudah dengan curah hujan di awal musim yang masih ringan dan di akhir musim yang Sudha menurun.

Jika kalian tertarik dan tertantang untuk menjelajahi keindahan Curug Kidang, silahkan atur waktunya dan ajak teman-teman biar ramai.

Silahkan baca juga informasi hotel di Pemalang untuk menunjang akomodasi berlibur kalian di Pemalang.

Selamat berlibur ke Pemalang!

Annesha Zain

Saya adalah salah satu konstributor Potensijateng.com yang kini sedang menempuh pendidikan S1 Biologi di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto Jawa Tengah. Saya memiliki dedikasi tinggi untuk menulis artikel tentang daerah kelahiran saya, Kabupaten Tegal. Semoga apa yang saya tulis disini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.