Curug Cantel Bumijawa Tegal yang Indah dan Menantang

Kab. Tegal: Untuk kalian penggemar travelling sepertinya perlu mengunjungi salah satu curug yang ada di Tegal ini, namanya Curug Cantel Bumijawa. Air terjun ini menjadi salah satu air terjun yang megah di Tegal.

Curug Cantel Bumijawa menjadi salah satu andalan objek wisata di Tegal yang selalu ramai pengunjung. Hampir setiap hari selalu ramai pengunjung, terlebih lagi ketika musim liburan datang. Pengunjung silih berganti datang untuk menyaksikan keindahan air yang berjatuhan dari atas tebih nan hijau.

Banyaknya pengunjung yang datang ke Curug Cantel Bumijawa tidak terlepas dari peran warga sekitar bersama pemerintah daerah. Mereka bekerjasama untuk membangun fasilitas dan akses menuju lokasi air terjun.

Hasilnya, fasilitas umum sudah cukup tersedia dan akses jalan menuju lokasi juga sudah cukup baik dan aman.

Curug Cantel Bumijawa Tegal

Curug Cantel Bumijawa memiliki ketinggian kurang lebih 60 meter dengan kemiringan kurang dari 10 derajat. Jadi keadaan tebingnya memang hampir vertikal. Ini menambah keindahan air terjun yang berjatuhan dari atas.

Artikel Rekomendasi :   Pacu Adrenalin di Wisata Arung Jeram Serayu

Bagi kalian yang suka tantangan ketika travelling sangat cocok untuk menembus medan jalan menuju lokasi air terjun ini.

Akses jalan melalui wilayah perbukitan yang naik turun. Kawasan masih asri dan banyak tumbuhan besar di sekitar jalan setapak yang telah dibuat oleh warga.

Selain itu, kalian juga akan bertemu dengan sebuah sungai agak besar dengan tumpukan bebatuan berbagai ukuran. Untuk mencapai Curug Cantel Bumijawa, kalian harus melewati sungai ini. Tetap hati-hati ketika melewatinya, karena bebatuan di sungai ini cukup licin.

Cukup menantang dan capek juga untuk mencapai air terjun di Tegal ini. Tetapi semua rasa capek akan terbayarkan dengan melihat keindahan air terjunnya.

Lokasi dan Rute

Lokasi dan rute tempat wisata di Tegal ini sangat strategis dan mudah dijangkau. Rute dapat dilalui dengna kendaraan pribadi maupun kendaraan umu. Tinggal kalian pilih saja sesuai dengan keinginan.

Lokasi Curug Cantel Bumijawa

Curug Cantel berada di Kawasan lereng Gunung Slamet. Lokasi tepatnya berada di Desa Gendong, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Artikel Rekomendasi :   Lapangan Pancasila Salatiga, Tempat Menarik dan Bersejarah

Lokasinya berada di tempat yang cukup mudah dijangkau. Dan lagi akses jalan menuju lokasi sudah dibuat oleh warga setempat dan pengelola.

Rute ke Curug Cantel

Akses menuju lokasi awal pendakian dapat dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan umum.

Bagi backpacker yang senang memanfaatkan angkutan umum dapat memulai dengan turun di terminal bus kota Tegal. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkudes menuju Bumiayu. Tetapi jika menunggu angkudes kadang lebih lama.

Alternatif lain dengan memanfaatkan jasa ojek sepeda motor yang langsung diantar ke lokasi awal pendakian. Tenang saja, di Tegal sudah ada Ojek Online (OjOl) selain ada ojek pangkalan. Silahkan dimanfaatkan yang mana yang paling efektif.

Sedangkan untuk kalian yang menggunakan kendaraan pribadi (sepeda motor dan mobil) dapat memanfaatkan rute yang sudah ada di Google Maps supaya tidak kesasar.

Tiket Masuk dan Fasilitas

Curug Cantel sudah memberlakukan adanya biaya tiket masuk. Tetapi besarnya tiket masuk dirasa tidak memberatkan pengunjung. Toh dari biaya tiket masuk tersebut juga nantinya akan digunakan untuk pemeliharaan dan peningkatan fasilitas yang akan digunakan oleh pengunjung.

Artikel Rekomendasi :   Keelokan Batur Agung Kedungbanteng Banyumas

Biaya Tiket Masuk Curug Cantel

Mengunjungi tempat wisata di Jawa Tengah umumnya tidak memerlukan biaya yang mahal untuk tiket masuk. Begitu juga untuk masuk ke Curug Cantel Bumijawa, kalian hanya perlu membayar tiket masuk Rp5.000,- per orang dan biaya parkir kendaraan (motor = Rp2.000.- dan mobil = Rp5.000,-). Suasana berwisata kalian sudah terasa aman dan nyaman.

Fasilitas di Curug Cantel Bumijawa

Fasilitas yang ada di lokasi ini dapat dikatakan sudah cukup lengkap. Karena sudah ada area parkir yang luas dan dikelola warga, kamar mandi dan toilet, mushola, dan warung-warung makanan.

Selain itu juga ada beberapa penginapan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung ketika ingin bermalam di lokasi air terjun.

Benar kan? Berwisata ke Jawa Tengah itu tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dan lagi objek wisatanya bagus-bagus. Ayo berkunjung ke Jawa Tengah!

Semoga informasi tentang Curug Cantel, Kabupaten Tegal ini dapat memberikan referensi tempat berlibur bagi kalian semua.

Source image: IG @n_pikri

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.