Curug Benowo, Air Terjun Indah di Kabupaten Semarang

Kab. Semarang: Kabupaten Semarang menyimpan banyak sekali potensi wisata yang dapat dieksploitasi. Wisata yang banyak ditemui di kabupaten Semarang adalah wisata pegunungan. Salah satunya air terjun Curug Benowo yang ada di daereah Ungaran. Air terjun ini masih tegolong alami dan asri. Hutan yang ada di sekelilingnya masih hijau dan terjaga kelestariannya.

Semarang, yang merupakan pintu gerbang budaya Jawa Tengah memiliki berbagai kebudayaan yang beraneka ragam dan saling menghormati. Semarang yang memiliki berbagai makanan khas yang telah tersohor sampai kemana-mana ini juga mempunyai daya tarik lain dari bidang pariwisata. Banyak lokasi pariwisata yang dapat dikunjungi di daerah Semarang dan sekitarnya. Dan salah satunya yang akan kita bahas di sini adalah air terjun Curug Benowo yang ada di lereng Gunung Ungaran. Keindahan alam pegunungan yang dipadu dengan semburan air terjun yang berjatuhan dari atas, menimpa bebatuan yang ada di bawah tebing akan membawa pengunjung ke dalam nuansa alam yang indah dan menakjubkan.

Artikel Rekomendasi :   Pilih Meeting Package Tradisional Anda

Curug Benowo terletak di Lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Curug dalam Bahasa Jawa berarti Air Terjun. Eksotisme Curug Benowo ini mungkin sulit untuk dicapai orang kebanyakan, karena tempatnya benar-benar alami, jalannya setapak, naik turun, mungkin hanya direkomendasikan pada para pecinta alam atau mereka yang suka tantangan, tidak untuk kebanyakan orang apalagi rekreasi keluarga. Dibalik sulitnya medan menuju lokasi akan terbayarkan oleh keindahan pesona alam curug Benowo ini dan pemandangan air terjun yang eksotis. Di dekat Curug Benowo ini juga terdapat curug lainnya, yaitu Curug Lawe yang tak kalah indahnya.

Cara untuk menuju ke Curug Benowo dapat melewati Alun-Alun Ungaran ke arah Mapagan (Jalan ke arah Gunungpati), setelah menemukan gapura “Selamat datang Kampus Di Sekaran Gunungpati” maju lagi sekitar 1.700m, di sisi kanan jalan ada Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumurgunung belok kiri masuk ke Jalan Dukuh Sumur Gunung, Terus saja sampai pada koordinat 7, 8’ 31.67LS 110, 21’ 36.82BT (google map coordinate: -7.14213, 110.36022). Pada koordinat ini adalah posko, dimana kendaraan atau mobil diparkir untuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Artikel Rekomendasi :   Potensi Curug Silangit Dengan Segala Keindahan Alamnya

Keindahan air terjun ini akan dapat dinikmati setelah berjalan menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 2 jam dari posko. Jalan setapak yang dihiasi dengan nuansa alam yang masih asli akan membimbing sampai di tempat tujuan. Di sini juga terdapat jasa pemandu jika kita bingung untuk menuju air terjun Curug Benowo. Semua kelelahan yang kita dapatkan dalam perjalanan akan segera tersingkirkan ketika kita sampai di hadapan air terjun Curug Benowo. Sepoi angin yang timbul karena tekanan air terjun yang jatuh dari atas akan membasuh seluruh badan kita bersama dengan serpihan air yang dingin dan menyejukkan.

Inilah salah satu wisata alam yang ada di Semarang. Selamat menikmati!!!

Artikel Rekomendasi :   Keelokan Batur Agung Kedungbanteng Banyumas

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.