Kategori: Kuliner

Cemoeh, Minuman Yang Anget Dan Alami Khas Pati

Kab. Pati : Cemoeh, begitulah masyarakat Kabupaten Pati menyebut minuman khas nan alami ini. Minuman yang hangat karena beberapa bahan alami ini sering dijual di beberapa tempat, terutama saat musim hujan tiba.

Namanya mungkin terdengar asing dan menibulkan tanya, seperti apa sih minuman ini. Untuk kalian yang penasaran, kami akan ulas seperti apa minuman khas Cemoeh ini.

Kali ini asal dari minuman ini adalah dari Kabupaten Pati. Tetapi menurut informasi yang kami dapatkan, di beberapa daerah lain di Jawa Tengah juga ada minuman yang serupa, hanya saja namanya berbeda.

Apa Keistimewaan Minuman Cemoeh?

Cemoeh dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk kesehatan, inilah keistimewaannya.

Sejak jaman dulu sampai sekarang, minuman ini tetap lestari dan banyak dicari masyarakat kabupaten Pati. Apalagi jika musim penghujan datang, minuman khas Pati ini menjadi pilihan utama untuk menghangatkan badan.

Keistimewaan lain dari minuman Cemoeh ini adalah dapat mengobati dan mencegah masuk angin. Bahkan dipercaya juga dapat mengembalikan kesehatan badan yang meriang.

Bahan-Bahan Pembuat Cemoeh

Untuk emmbuat Cemoeh, bahan yang dibutuhkan tidaklah sulit. Semua bahan-bahannya dapat kalian temukan dengan mudah di pasar.

Bahan utamanya adalah kelapa yang tidak terlalu tua, gula jawa (gula aren), dan jahe segar.

Artikel Terkait

Kelapa sebagian dibuat santan dan sebagian dirajang kecil-kecil. Sedangkan jahe segarnya di geprek dan dimasukkan ke dalam rebusan santan dan rajangan kelapa tersebut.

Biasanya juga ditambah dengan sedikit merica dan batang secang.

Dimana Bisa Mendapatkan Minuman Ini?

Untuk kalian yang ingin mencicipi kuliner khas Pati ini ada beberapa yang jual. Tapi sayangnya penjual tersebut musiman, yaitu di musim penghujan. Jika saat musim kemarau biasanya kurang peminatnya, jadi jarang yang jual.

Kalau kami kemarin mencicipi minuman ini ada di Dukuh Selempung, Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Harganya juga sangat murah, satu porsi cuma Rp3.000,-. Kemarin admin sempat habis 3 porsi, maklum pas musim hujan, dingin kan enaknya minum yang hangat-hangat.

Jika kalian berminat untuk mencicipi ini minuman bisa hubungi admin dulu ya, siapa tahu admin punya informasinya dapat beli minuman khas Pati ini dimana. Silahkan kontak admin melalui email potensijateng@gmail.com atau lewat WA juga bisa di nomor 085640583192.

Kalau kalian ada informasi lain terkait minuman Cemoeh ini di daerah kalian, silahkan share kepada kami. Bisa sampaikan apa namanya kalau di daerah kalian. Insya Allah kami akan berkunjung dan mencoba mencicipinya.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Bagikan
Published by
Juri Setyanto

Artikel Terbaru

Curug Kidang, Keindahan Alam Yang Lama Tersembunyi Di Pemalang

Kab. Pemalang – Sebuah keindahan alam yang lama tersebunyi dari kalayak ramai. Sebuah keindahan air…

1 tahun ago

Curug Cantel Bumijawa Tegal yang Indah dan Menantang

Kab. Tegal: Untuk kalian penggemar travelling sepertinya perlu mengunjungi salah satu curug yang ada di…

1 tahun ago

Pesona Taman Balekambang Solo Kental Nuansa Edukatif

Kota Surakarta: Tempat wisata di Solo tidak terbatas pada objek wisata bernuansa budaya saja. Banyak…

2 tahun ago

7 Objek Wisata Puncak Di Purbalingga Paling Instagramable

Kab. Purbalingga: Mencari tempat wisata yang lagi hits di Purbalingga sekarang tidak sulit lagi. Ada…

2 tahun ago

Wayang Golek Cepak Tegalan, Pementasan Berpetuah

Kab. Tegal - Kabupaten Tegal tidak hanya dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak destinasi wisata dan…

2 tahun ago

Goa Sarabadak, Yellow Sparkling Cave in Banyumas

Kab. Banyumas - Destinasi wisata alam di Banyumas itu beraneka ragam. Mulai dari wisata pegunungan,…

2 tahun ago