Bukit Porang Jadi Harapan Baru Petani Sukoharjo

Kab. Sukoharjo : Pemerintah Kabupaten Sukoharjo bergerak cepat untuk mendukung peningkatan produktivitas Porang di wilayah Sukoharjo. Langkah ini ditandai dengan hadirnya Bukit Porang di Sukoharjo yang akan menjadi sentra pertanian salah satu umbi-umbian ini.

Porang telah menjadi komoditas ekspor yang bernilai unggul dari hasil pertanian. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan oleh banyak masyarakat untuk lebih mengoptimalkan produktivitas Porang didaerahnya, termasuk masyarakat Sukoharjo. Di kabupaten Sukoharjo telah terbentuk sebuah komunitas petani Porang yang biasa disapa dengan nama Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS).

Harapan Baru di Bukit Porang Sukoharjo

Bukit Porang adalah salah satu langkah tepat untuk meningkatkan hasil Porang di wilayah kabupaten Sukoharjo. Sentra pertanian Porang ini merupakan inisiasi dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo menggandeng Sahabat Petani Porang Sukoharjo (SPPS). Bukit Porang berlokasikan di Bukit Tritis, Desa Kamal, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Artikel Rekomendasi :   Daya Tarik Kelapa Kopyor Khas Pati

Pada tahap awal ini, Bukit Porang yang aktif dipergunakan untuk pertanian porang baru sekitar 1 Ha dari total 10 ha lahan yang tersedia. Diharapkan kedepannya peningkatan pemanfaatan lahan ini segera terwujud dan dapat meningkatkan kapasitas hasil porang di Sukoharjo.

Apresiasi tinggi disampaikan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, kepada Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sukoharjo dan SPPS yang telah menginisiasi hadirnya Bukit Porang ini. Bu Etik berharap langkah ini merupakan langkah yang tepat, berhasil, dan membawa kesejahteraan bagi masyarakat yang menekuninya.

Bu Etik juga menyatakan perlunya peran dari berbagai pihak mulai dari pemerintah sampai swasta untuk pengembangan pertanian porang di Bukit Porang ini. Kedepannya, Pemkab. Sukoharjo akan berusaha menyinergikan terkait anggaran dengan pemerintah pusat dalam upaya peningkatan pertanian porang di Bukit Porang Sukoharjo.

Artikel Rekomendasi :   Buah Andalah Pertanian Kabupaten Demak

Selain menjadi sentra pertanian porang, Bukit Porang ini juga akan dijadikan sebagai pusat belajar budidaya porang bagi masyarakat yang tertarik. Nantinya, Bukit Porang ini akan dikelolah oleh Pemerintah Daerah beserta SPPS.

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.