Berolahraga Pagi dan Berburu Gethok Campur di MAJT Semarang

masjid agung jawa tengahKota Semarang : Udara pagi hari memang cocok sekali buat berolagraga. Apalagi pada waktu libur kerja ataupun sekolah dan kuliah. Mencari tempat yang cocok buat aktivitas berolahraga memang tidak mudah. Apalagi di daerah kota seperti Semarang. Kepadatan penduduk dan bagungan-bangunan membuat lahan untuk berolahraga semakin menyempit. Tetapi bagi warga semarang kota dan sekitarnya, hal tersebut tidak menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Masyarakat Semarang memiliki salah satu tempat yang menarik dan nyaman untuk melakukan aktivitas berolahraga di pagi hari seperti berlari-lari kecil dan aktivitas olahraga lainnya. Tempat tersebut berada di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah yang ada di Jalan Gajah Raya Semarang.

Kawasan wisasa Masjid Agung Jawa Tengah menyediakan fasilitas untuk sekedar berolahraga bagi para pengunjung pada waktu-waktu di luar ibadah. Lokasi yang berada di sekeliling area Masjid Agung Jawa Tengah merupakan lahan yang nyaman untuk melakukan aktifitas lari-lari kecil di pagi hari. Kondisi udara yang masih tergolong segar karena berada di dekat persawahan dan keberadaan pohon-pohon yang terpelihara di sekitar lokasi masjid berada. Banyak sekali warga yang berkunjung ke area ini untuk melakukan aktifitas olahraga baik di pagi hari maupun di sore hari.

Artikel Rekomendasi :   Desa Wisata Lembah Kalipancur Semarang

          masjid agung jawa tengah masjid agung jawa tengah

Untuk masuk ke area Masjid Agung Jawa Tengah kita cukup membayar biaya parkir sebesar Rp1000,- untuk sepeda motor. Sedangkan untuk mobil sekitar Rp. 2.000,-. Bagi yang tidak memakai kendaraan bermotor, dapat masuk ke area dengan cuma-cuma. Pada hari-hari libur, area ini dipadati oleh pengunjung yang datang dari berbagai penjuru. Ada yang dari warga sekitar yang ingin menghabiskan waktu libur paginya untuk berolahraga, ada pula yang dari luar daerah yang memang menyempatkan diri untuk datang ke kawasan ini.

          masjid agung jawa tengah masjid agung jawa tengah

Salah satu yang unik di kawasan ini ketika hari libur (hari Sabtu, Minggu, dan tanggal merah) adalah keberadaan pedagang kakilima yang menjajakan barang dagangannya di luar kawasan (di jalan menuju kawasan ini). Pasar pagi dadagan ini menjadi salah satu keunikan yang menarik untuk dijelajahi. Berbagai kuliner dan barang-barang lainnya dijajakan untuk memanjakan pengunjung yang datang. Di ataran yang paling banyak dan yang paling terkenal adalah aneka gethuk campur yang lezat. Berbagai kombinasi dari jajanan pasar disjikan menjadi satu dengan kelapa parut dan cairan gula merah yang manis. Cocok untuk mengganjal perut di pagi hari yang masih kosong sehabis berolahraga. Harga yang ditawarkan pun teidak mahal. Cukup dengan Rp2.000,- per porsi, sudah dapat mengganjal perut orang dewasa sampai di waktu siang hari nanti. Menikmati gethuk campur sambil duduk-duduk di trotoar jalan masuk Masjid Agung Jawa Tengah menjadi menarik dan nyaman ditemani dengan sinar mentari pagi yang hangat.

Artikel Rekomendasi :   Sambut Keramaian Parade Seni Budaya dan Pawai Ogoh-Ogoh di Semarang

         masjid agung jawa tengah masjid agung jawa tengah

Selain gethuk campur, nasi anyam juga ikut tampil menyuguhkan kelezatan di pagi hari. Pedagang yang dipadati pembeli di [agi hari sudah menjdi pemandangan yang biasa di hari libur di lokasi ini. Selain kuliner, produk-produk sandang juga banyak tersedia, seperti peci, daster, dan baju-naju lainnya. Jajanan pasar lainnya pun akan dapat dijumpai dengan mudah di area ini.

         masjid agung jawa tengah masjid agung jawa tengah

Selain keberadaan pasar dadagan ini, keberadaan transportasi tradisional yaitu andong juga ikut menghibur pengunjung. Banyak juga andong yang dapat disewa oleh pengunjung untuk berputar-putar di jalan Gajah Raya Semarang.

Suasana pagi yang nyaman untuk berolahraga dan berburu gethuk campur Semarang.

Artikel Rekomendasi :   Curug Benowo, Air Terjun Indah di Kabupaten Semarang

Lebih banyak foto disini.

 

 

 

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.