Bangkitkan Kesenian Tayub Lewat Lomba Tayub Se-Jawa Tengah di Grobogan

kesenian tayub jawa tengahKab. Grobogan : Keindahan gerak yang dipadukan dengan iringan musik tradisional membentuk kesenian yang dianggap meraekyat ini. Tayuban atau Seni Tayub, begitulah kesenian ini dikenal di sebagian besar wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sekilas, seni tarian Tayub hampir mirip dengan seni tari Jaipong dari Jawa Barat dan seni tari Gambyong dari Jawa Tengah. Kesenian ini biasanya dipentaskan pada acara-acara tertentu, seperti acara hiiburan untuk pernikahan, khitanan, ataupun acara-acara besar nasional. Dan pada kesempatan ini, kesenian tersebut akan dipentaskan bahkan dilombakan di kabupaten Grobogan pada bulan Maret tahun 2013 ini.

Acara tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan kembali kesenian yang saat ini sudah banyak ditinggalkan oleh kebanyakan orang tersebut. Sebagai kesenian asli Jawa Tengah, sudha sepatutnya kesenian tersebut dihidupkan dan dikembangkan kembali. Dengan dukungan dari gerakan Visit Jawa Tengah 2013, acara membangkitkan kembali kesenia Tayub dapat terwujud di kabupaten Grobogan. Kesenia hiburan rakyat tersebut akan diselenggarakan bersamaan dengan hari ulang tahun kabupaten Grobogan yang ke 287 dan jatuh pada bulan Maret 2013. Acara pagelaran Tayuban tersebut juga diwujudkan dalam bentuk lomba yang ruang lingkupnya se-Jawa Tengah.

Artikel Rekomendasi :   "Kota Ukir", Citra yang Melekat pada Kabupaten Jepara

kesenian lomba tayub grobogan

Dari pihak Disporabudpar menyatakan tujuan dari pagelaran dan lomba Tayub tersebut adalah untuk menghidupkan kesenian tayuban di Kabupaten Grobogan dan Jawa Tengah. Sebagai promosi wisata di kabupaten Grobogan dan program Visit Jateng 2013 untuk pariwisata. Selain itu lomba tersebut akan diikuti oleh 15 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Tengah dan ditambah dari beberapa kota dari Jawa Timur. Selain perwakilan dari masing-masing kabupaten dan kota, peserta yang berasal dari wilayah setempat juga tidak kalan meriahnya. setiap Kecamatan di kabupaten Grobogan akan mengikuti acara tersebut.kesenian lomba tayub grobogan

Dengan adanya kegiatan pagelaran tersebut, diharapkan dapat meningkatakan semangat para seniman tayub untuk memberikan pertunjukan tayub yang menarik dan meningkatkan potensi wisata seni dan budaya di kabupaten Grobogan.

Untuk informasi selengkapnya mengenai pagelaran dan lomba tayub se-Jawa Tengah yang akan diselenggarakan di kabupaten Grobogan berikut waktu penyelegaraannya dapat menghubungi bagian Kasi Pemasaran dan Promosi Produk Wisata, Bapak Ruswandi di nomor HP 0821 3316 0338.

 

Artikel Rekomendasi :   Bedhaya Ketawang, Tari Sakral Di Surakarta

Sumber : fokuspagi.com ; id.wikipedia.org

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.