Bandeng Presto, Kuliner Khas dari Olahan Ikan Bandeng

bandeng presto patiKab. Pati : Ikan bandeng yang merupakan ikan populer di kalangan masyarakat di Indonesia. Pengaruh harga yang lumayan ekonomis membuat ikan ini digemari sebagai salah satu menu lauk yang dapat dikondisikan diberbagai acara. Ikan bandeng banyak dibudidayakan oleh masyarakat yang berdomisili di sepanjang pantai uta pulau Jawa. Tidak terkecuali kabupaten Demak, Pati dan Rembang. Ketiga kabupaten tersebut adalah daerah penghasil ikan bandeng di Jawa Tengah. Berbagai olahan pun dapat dibuat dengan menggunakan bahan baku ikan bandeng. Salah satunya adalah bandeng presto yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Bandeng presto menjadi salah satu ikon oleh-oleh yang ada di Jawa Tengah.

Bandeng presto terbuat dari ikan bandeng segar yang diolah dengan mesin presto/pelunak duri dan dicampur dengan rempah-rempah khusus. Rasa yang dihasilkan tentunya sangat kental dengan rasa kuliner Jawa Tengah. Daging yang empuk beserta durinya membuat selera makan orang lebih bergairah.

Artikel Rekomendasi :   Manisnya Dumbeg Khas Rembang

Dalam praktiknya, produk ikan bandeng presto disediakan dalam dua jenis, yaitu bandeng presto siap makan dan bandeng presto belum siap makan. Bandeng presto siap makan sudah disajikan sedemikian rupa dengan penggorengan setelah proses presto selesai. Sedangkan bandeng presto belum siap makan tidak melalui proses penggorengan tersebut. Jadi setelah proses presto selesai, langsung dibungkus dan diperdagangkan.

bandeng presto pati

Bandeng presto dibuat dengan menggunakan ikan bandeng segar berbagai ukuran. Ada yang berukuran ikan bandeng isi 6 (dalam 1 Kg ada 6 ikan bandeng), ada pula yang isi 2. Selain itu ada juga yang lebih variatif lagi menurut selera. Tetapi pada umumnya adalah kedua ukuran tersebut.

Bandeng presto banyak dikerjakan oleh masyarakat kabupaten Pati. DI daerah ini, banyak sekali bandeng presto berkualitas baik dijajakan di pasar-pasar tradisonal setiap paginya, seperti pasar Tayu dan pasar Juwana. Selain di daerah Pati, oleh-oleh khas Pati dan Semarang ini pun dapat ditemui di kota Semarang, yaitu di sepanjang jalan Pandanaran yang merupakan pusat oleh-oleh di daerah Semarang.

Artikel Rekomendasi :   Soto Kemiri, Soto Khas Kabupaten Pati Mengesankan

bandeng presto pati dan semarang

Bagi msyarakat luar daerah yang tidak bisa datang langsung ke Pati atau Semarang juga dapat memesannya lewat toko online. Ada beberapa toko online yang melayani penjualan ikan bandeng presto khas Pati dan Semarang.

Untuk harga bandeng presto juga bervariatif. Tergantung ukuran dan rasa yang dipilih. Jika Anda melewati daerah ini, silahkan mampir dan nikmati bandeng presto yang berkualitas.

Resep Bandeng Presto disini

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.