Pesona Wisata Air Terjun Girimanik, Setren

Kab. Wonogiri : Kabupaten Wonogiri menjadi kabupaten Jawa Tengah yang berbatasan dengan wilayah Jawa Timur. Kabupaten Wonogiri memiliki wilayah pegunungan yang indah dan asri. Sebagai salah satu tempat penghasil sayuran terbaik di Jawa Tengah, Wonogiri menyimpan banyak berbagai lokasi yang indah dan menarik untuk dikunjungi sebagai objek wisata.

Keberadaan air terjun Sentren juga menjadi bahan pertimbangan warga sekitar untuk menghabiskan liburan dengan berkunjung ke lokasi objek wisata. Air Terjun Sentren memili 3 buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Setiap lokasi air terjun dilengkapi dengna keadaan alam yang asri dan sejuk. Bisa dibilang sebagai “Puncak Bogor” orang Jawa Tengah dengan keadaan yang hampir menyerupai keadaan di Puncak Bogor.air terjun sentren

Air Terjun Girimanik, Setren

Tiga air terjun yang menjadi andalan lokasi wisata ini adalah Air Terjun Manikmoyo, Air Terjun Tejomoyo, dan Air Terjun Condromoyo. Ketinggian dari Air Terjun Manikmoyo kurang lebih 70 meter, Air Terjun Tejomoyo kurang lebih 30 meter, dan Air Terjun Condromoyo belum ada data pasti mengenai ketinggiannya.

Artikel Rekomendasi :   Sejuknya Udara Hutan Pinus di Kawasan Hutan Wisata Sreni Indah Jepara

Ketiga air terjun tersebut memiliki jarak yang tidak begitu jauh antara yang satu dengan yang lainnya. Dan semuanya berada di kawasan wisata Girimanik Sentren, Wonogiri.

air terjun sentren

Rute Menuju Air Terjun Girimanik, Setren

Objek wisata ini terletak di desa Sentren,kecamatan Slogohimo, kabupaten Wonogiri. Jarak tempuh dari pusat kota Wonogiri kurang lebih 40 KM ke arah Ponorogo, Jawa Timur.

Perjalanan dari pusat kota Wonogiri diarahkan ke arah kecamatan Slogohimo, sekitar 10 km ke arah utaradari Slogohimo menempuh jalan yang menanjak akan menemui gerbang pintu masuk air terjun.  Dari gerbang pintu masuk, perjalanan diteruskan ke arah Bumi Perkemahan. Untuk menuju Air Terjun Manik Moyo diperlukan waktu sekitar 5 menit dari lokasi perkemahan.

Artikel Rekomendasi :   Menikmati Keindahan Perkebunan Kopi dan Bumi Perkemahan Kabupaten Pati

Sedangkan untuk ke Air Terjun Tejo Moyo diperlukan waktu 30 menit dari bumi perkemahan  dengan mengambil arah jalan lain menuruni lembah.  Dan untuk ke air terjun yang ketiga Condromoyo, dari jalur kedatangan tepat di persimpangan antara bumi perkemahan dan Air Terjun Tejo Moyo mengambil jalan ke arah kanan.  Waktu yang diperlukan ke air terjun ketiga ini sekitar 15 menit.

air terjun sentren

Lokasi wisata ini tidaklah kalah dengan lokasi wisata air terjun di tempat lainnya di Jawa Tengah seperti air terjun Tawangmangu. Keindahan air terjun, ketinggian air terjun, lokasi sekitar air terjun mendukung untuk keindahan dan aspek kesegaran tempat wisata. Alasan itulah yang menjadikan tempat ini layak untuk dikunjungi.

Artikel Rekomendasi :   Pesona Telaga Sejuta Akar Di Tengah Rimbunan Pohon Karet

Harga Tiket Masuk Air Terjun Girimanik, Setren

Harga tiket masuk ke lokasi ini kurang lebih Rp5.000,- per orang dan biaya parkir kendaraan roda dua Rp2.000,- per kendaraan.

Sumber : berbagai sumber

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.