Kesejukan Agro Wisata Kebun Teh di Lereng Gunung Sindoro

Kab. Wonosobo : Kabupaten Wonosobo memiliki iklim yang sejuk dan dingin karena mayoritas daerahnya terdiri dari lereng pegunungan Sindoro dan Sumbing. Oleh karena itu, daerah ini sangat potensial untuk perkebuna teh berkualitas. Salah satu lokasi perkebunan teh yang terkenal di Wonosobo adalah Perkebunan Teh Tambi. Perkebunan teh ini dikelola oleh PT. Tambi yang terdiri dari tiga unit lokasi perkebunan dengan luas 829,14 Ha, yang tersebar di Bedakah, Tanjungsari dan desa Tambi.

Agrowisata Tambi, adalah sebuah objek wisata dengan lahan perkebunan teh yang berlokasi di Desa Tambi Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Perkebunan luas ini terletak di lereng gunung sindoro dengan ketinggian 1.200 – 2000m di atas permukaan laut dan dengan suhu udara minimal sekitar 15˚ C dan suhu maksimal 24˚ C.

Artikel Rekomendasi :   Keramaian IMLEK di Pasar Semawis Semarang

Terdapat tiga unit area perkebunan yang dikelola oleh PT. Tambi ini. Masing-masing unit telah menjadi tujuan agrowisata pengunjung dari berbagai daerah. Setiap unit disediakan fasilitas yang sama seperti pondok wisata, kolam pemancingan, lapangan tenis, taman bermain, kebun dan parik teh.

Agrowisata Tambi bisa ditempuh dengan jarak 16 km dari Pusat Kota Wonosobo menuju arah utara. Tak hanya diajak menyusuri kebun teh (tea walk), pengunjung juga akan mendapatkan penjelasan tentang agronomi, pengolahan dan pemasaran teh sambil menikmati pemandangan alami sekitarnya.

Harga tiket masuk tempat ini terbilang sangat murah. Hanya dengan biaya Rp 20.000/orang pengunjung sudah bisa merasakan sejuknya berjalan-jalan di kawasan kebun teh sambil melihat bagaimana proses pembuatan teh di pabrik.

Artikel Rekomendasi :   Pesona Air Terjun di Pegunungan Muria, Kudus

Jika ingin memperoleh paket makan siang cukup menambahkan Rp 20.000 lagi. Selain itu Agrowisata Perkebunan Tambi juga menyediakan paket outbond. Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 85.000/orang dengan minimal rombongan berjumlah 20 orang.

Bila ingin bermalam di tempat ini tersedia pondok wisata dengan fasilitas yang tak kalah hebat seperti rumah pondokan, rumah makan, ruang pertemuan, outbond dan api unggun.

Beberapa kelebihan dari lokasi agrowisata perkebuna teh Tambi ini adalah:

  • Lokasi wisata yang terkenal dengan pemandangan alam yang segar, bebas polusi sehingga cocok untuk acara berlibur di akhir pekan.
  • Tambi berlokasi di lereng sebelah barat gunung Sindoro dekat dengan Dataran Tinggi Dieng yang sudah terkenal.
  • Hanya 20 menit dari kota Wonosobo dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.
  • Perjalanan dengan pemandangan indah di jalur utama menuju Dataran Tinggi Dieng.
  • Tersedianya makanan khas Wonosobo dan paket hiburan menarik yang dapat dipesan.
  • Adanya beberapa obyek wisata lainnya yang terdekat dengan Agrowisata Tambi seperti Telaga menjer, Dataran Tinggi Dieng, Bumi Perkemahan Jumprit serta wahana arung jeram di sungai Serayu.
Artikel Rekomendasi :   Berkunjung Ke Pagoda Avalokistevara Semarang

Sangat pantas untuk dicoba berlibur ke tempat yang sejuk seperti ini. Tempat liburan yang membawa kesegaran saat kembali.

 

Sumber : mediaindonesia.com ; agrowisatatambi.com

Juri Setyanto

Saya adalah seorang blogger yang senang menulis berbagai macam artikel. Saya menjadi kontributor resmi PotensiJateng.com sejak tahun 2011 sampai dengan sekarang. Semoga website PotensiJateng.com semakin berkembang dan dapat meningkatkan daya kenal masyarakat terhadap Potensi Jawa Tengah.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.